September 04, 2011

Saatnya Memperbaiki Transportasi Publik

JAKARTA, KOMPAS.com — Berkaca pada tingginya angka kecelakaan lalu lintas selama masa Lebaran tahun ini, pengamat transportasi publik menilai, sudah saatnya pemerintah memberikan perhatian lebih pada transportasi publik. Perbaikan sarana transportasi umum diyakini akan mengalihkan penggunaan kendaraan pribadi sebagai angkutan Lebaran sekaligus mengurangi volume kendaraan.

Djoko Setijowarno, pengamat transportasi Universitas Soegijapranata, Semarang, kepada Kompas.com di Jakarta, Minggu (4/9/2011), menilai, peningkatan volume kendaraan, khususnya kendaraan pribadi, ikut berpengaruh terhadap naiknya jumlah kecelakaan lalu lintas yang terjadi.
"Perbaikan kualitas transportasi publik, seperti kereta api dan bus, akan berpengaruh terhadap penggunaan kendaraan pribadi untuk mudik dan balik," kata Djoko. Menurut dia, jika angkutan umum tersedia dalam jumlah memadai dan dengan kualitas layanan yang baik, banyak pemilik kendaraan yang akan beralih menggunakan layanan umum untuk transportasi Lebaran.

http://megapolitan.kompas.com/read/2011/09/04/17015347/Saatnya.Memperbaiki.Transportasi.Publik

 

Subscribe

Sign up for updates on our projects, events and publications.

SIGN UP

Deprecated: Creation of dynamic property OMAPI_Elementor_Widget::$base is deprecated in /sites/itdp-indonesia.org/files/wp-content/plugins/optinmonster/OMAPI/Elementor/Widget.php on line 41
Send this to a friend