April 25, 2012

DKI Kucurkan Rp40 Miliar untuk Pembangunan Halte Busway Baru

Pihak Dinas Perhubungan DKI Jakarta mengalokasikan dana sebesar Rp40 miliar untuk pembangunan enam halte baru bus Transjakarta.
"Ke-6 halte tersebut akan dibangun di jalur yang menghubungkan Pulo Gadung dengan Harapan Indah, Kota Bekasi," kata Kadishub DKI Jakarta, Udar Pristono kepada wartawan, di Jakarta, Selasa (24/4).
Dikatakannya, total halte yang akan dibangun sebanyak sembilan buah terkait perpanjangan dua koridor 'busway' hingga ke kawasan Harapan Indah, Kota Bekasi.
Ia juga mengatakan, pihaknya telah sejak lama memprogramkan perpanjangan rute bus Transjakarta hingga ke kawasan tersebut.
"Dana pembangunan enam dari sembilan halte bus Transjakarta ini diperolah dari APBD DKI 2012 yang saat ini dalam proses tender," ujarnya.
Sedangkan, sisa enam halte lagi, lanjut Pristono, menjadi tanggung jawab Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi bersama para pengembang di kawasan Harapan Indah.
"Perpanjangan layanan bus Transjakarta dari Pulo Gadung hingga ke Kota Bekasi secara otomatis menambah jumlah armada bus. Bulan September mendatang, Dishub DKI dan BLU Transjakarta akan mengadakan penambahan 66 'articulated bus' atau bus gandeng," ungkapnya.
Bus-bus tersebut, menurutnya, disediakan untuk pelayanan transportasi dari Koridor I hingga Koridor VIII.
"Semua akan dibuat bus gandeng, karena lebih banyak mengangkut penumpang," paparnya.
Secara terpisah Kadishub Bekasi, Supandi Budiman, mengatakan, sasaran perpanjangan rute bus Transjakarta dari Pulo Gadung ke Harapan Indah, bertujuan agar para pengguna kendaraan pribadi seperti mobil maupun motor beralih ke sarana transportasi 'busway'.
"Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi telah menyediakan fasilitas 'park and ride' di kawasan Harapan Indah bagi pemilik kendaraan pribadi untuk memarkirkan kendaraan miliknya dan melanjutkan perjalanan ke Jakarta menggunakan bus Transjakarta," ungkap Supandi Budiman. (Fat/An) 
 
Source : http://www.berita8.com/read/2012/04/24/3/54885/DKI-Kucurkan-Rp40-Miliar-untuk-Pembangunan-Halte-Busway-Baru 

Subscribe

Sign up for updates on our projects, events and publications.

SIGN UP
Send this to a friend