May 18, 2012

Debat Cagub DKI Soal Macet di Transjakarta

VIVAnews – Enam calon gubernur Jakarta melakukan debat terkait mengatasi kemacetan di ibukota, Kamis 17 Mei 2012. Tak seperti biasanya, debat kali ini dilakukan di dalam moda transportasi massal ibukota, yaitu TransJakarta.

Debat calon gubernur yang bertajuk Atasi Kemacetan dengan TransJakarta yang diselenggarakan oleh Stasiun Televisi ANTV ini hanya dihadiri empat dari keenam kandidat. Cagub nomor urut satu, Fauzi Bowo dan nomor urut tiga, Joko Widodo tidak hadir dalam debat tersebut.

Diketahui Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, berhalangan hadir lantaran sedang umroh. Sedangkan Jokowi, tidak bisa hadir dikarenakan menghadiri acara lain.

Debat yang dilakukan sepanjang koridor empat yaitu Dukuh Atas- Ragunan, berjalan dengan alot. Masing-masing calon gubernur mengeluarkan argumennya terkait dengan pengembangan moda transportasi massal yang akan diusung jika terpilih nanti

"Dalam satu tahun, fedeer-fedeer akan dibangun sampai tingkat kelurahan," ujar Hendardji Soepanji, calon gubernur nomor urut dua.

Tak mau kalah, calon gubernur nomor urut lima, Faisal Basri berjanji akan mengitegrasikan kendaraan umum di luar TransJakarta untuk dapat menggunakan jalur busway. "Coba diintegrasikan bus-bus yang ngetem akan berkurang," kata Faisal.

Pendapat serupa juga diungkapkan Hidayat Nur Wahid. Calon nomor urut empat itu menilai integrasi bus-bus lain selain Transjakarta dapat dilakukan jika kualitasnya diperbaiki.

"Memungkinkan bus-bus yang bisa di jalan itu bisa dipararelkan masuk ke jalur busway, tapi dengan perbaikan bus tersebut," kata dia.

Namun, masalah pelik kemacetan Jakarta menurut Alex Nurdin yakni bagaimana mengurangi masuknya kendaraan pribadi ke Jakarta. "Yang utama perbaikan itu harus dilakukan simultan, jalurnya harus bisa digunakan secara efisien," katanya.

Sesampainya di Halte Ragunan, rombongan calon gubernur DKI disambut oleh orkestra tanjidor. Kemudian melanjutkan diskusi kembali di area parkir Ragunan.

 

Source :

m.vivanews.com/news/read/314568-debat-cagub-dki-soal-macet-di-busway

Subscribe

Sign up for updates on our projects, events and publications.

SIGN UP
Send this to a friend