September 24, 2012

PARK(ing) Day – Menuntut Kembali Ruang Publik yang Hilang

ITDP bermitra dengan Green Radio dan TransJakarta mengajak warga Jakarta untuk berpartisipasi dalam Park(ing) Day yang merupakan kampanye publik dengan tema 60 menit untuk ruang publik.  Tujuan dari park ( ing ) day adalah untuk menarik perhatian akan kebutuhan penambahan ruang terbuka perkotaan, untuk menimbulkan perdebatan kritis tentang bagaimana ruang publik diciptakan dan dialokasikan, dan untuk meningkatkan kualitas perkotaan sebagai habitat manusia.

Tahun ini, ITDP membuat dua ruang publik sementara yang berlokasi di lingkungan kantor Transjakarta dan  lingkungan kantor Green Radio. Beberapa lokasi lain yang juga membuat ruang publik sementara di Jakarta adalah Universitas Trisakti (Planologi Trisakti) dan Kemang (Komunitas Ruang Publik).  

ITDP dan Green Radio bekerja sama untuk meramaikan PARK(ing) Day dengan membuat taman di lingkungan sekitar Green Radio. Di sore hari beberapa wartawan datang untuk menghadiri konferensi pers dan dialog on air dengan narasumber Kepala Bidang Rekayasa Lalu Lintas Bernhard Hutajulu, M. Suhud dari Koalisi TDM, dan Indira Dharmoyono (ITDP).  

Sejak dimulai pada 2005 oleh Rebar Studio di San Francisco, penyelenggaraan Park (ing) Day menyebar ke seluruh dunia, pada 2011 tersebar 975 instalasi Park (ing) day pada lebih dari 160 kota di enam benua. Lokasi park (ing) day, foto dan video disebar melalui situs web Rebar: parkingday.org, selain itu ITDP juga ikut serta menyebarkan melalui page facebook Park(ing) day Indonesia (www.facebook.com/ParkingDayIndonesia dan itdpindonesia dengan hashtag #parkingday. Selain ITDP Indonesia, kantor perwakilan ITDP di Buenos Aires dan Rio de Janeiro ikut serta menyelenggarakan kampanye publik Park (ing) Day untuk menambah ruang terbuka pada masing-masing kota tersebut.

Untuk melihat foto-foto kegiatan PARK(ing) Day di Jakarta, klik disini

Klik Press Release  dan Lembar Fakta  untuk mengunduh

Berita terkait  

Subscribe

Sign up for updates on our projects, events and publications.

SIGN UP

Deprecated: Creation of dynamic property OMAPI_Elementor_Widget::$base is deprecated in /sites/itdp-indonesia.org/files/wp-content/plugins/optinmonster/OMAPI/Elementor/Widget.php on line 41
Send this to a friend