November 26, 2012

bike sharing berbasis komunitas

LATAR BELAKANG:

Terhitung sampai dengan akhir 2011, ada sekitar 1,2 juta kendaraan di Kota Bandung, 400 ribu diantaranya merupakan kendaraan roda 4. Sementara infrastruktur yang sudah terbangun lazimnya hanya bisa menampung sebanyak 360 ribu kendaraan roda 4. Belum lagi, dari data yang ada, tingkat pembelian rata-rata kendaraan di Bandung adalah sebesar 11%. Tak heran kini Bandung sudah menjadi kota macet, apalagi dengan ditambahnya jumlah kendaraan rata-rata yang masuk ke Kota Bandung setaip weekend mencapai 200 ribu kendaraan.

BikeBdg adalah sebuah komunitas lokal di Bandung yang lahir pada 11 November 2011. BikeBdg didirikan oleh gabungan pesepeda Bandung yang menginisiasi gerakan bike sharing. BikeBdg menyediakan aksesibilitas terjangkau untuk siklus perjalanan jarak pendek di kota. Ide ini berasal dari kesadaran masalah lalu lintas di kota yang semakin menyedihkan. BikeBdg adalah jalan membangun jenis baru dari sistem transportasi publik yang dirancang untuk menghilangkan stres lalu lintas di seluruh kota Bandung. BikeBdg berusaha untuk mencapai banyak tujuan dengan program bike sharing.
Saat ini bikebdg telah berjalan 4 bulan dan memiliki 6 shelter sepeda yang terletak di tempat yang mudah dicapai oleh pejalan kaki dan strategis.
Dengan mendorong penggunaan sepeda, kami berharap untuk meringankan beban lalu lintas kendaraan yang saat ini tertuju pada pemakaian kendaraan pribadi. Mengetahui semua batas yang kami miliki, Implementasi program ini membutuhkan begitu banyak upaya. Mulai dari penggalangan dana sampai proses menciptakan budaya bersepeda. Mengelola dan mengoperasikan sistem tersebut juga bukan hal yang mudah dan di Bandung di mana sebagian besar jalan tidak cocok untuk bersepeda karena tidak ada jalur khusus untuk bersepeda seperti di Eropa dan Amerika. Tapi BikeBdg terus berupaya berpikir positif dan terus melakukan inovasi dengan cara yang menyenangkan.

Make solution pollution!

DESKRIPSI IDE:

Memecahkan solusi kemacetan dan menyediakan opsi tambahan bertransportasi publik dengan sistem bike sharing yang terkoneksi dengan transportasi publik lain di Kota Bandung.

Produknya berupa sistem sepeda berjejaring dengan menempatkan stasiun-stasiun sepeda di titik-titik awal dan tujuan sebagai moda ramah lingkungan dan berkelanjutan yang disewakan dengan tarif rendah untuk
melayani perjalanan singkat yang merupakan mayoritas karakter perjalanan di Kota Bandung.

Source

Subscribe

Sign up for updates on our projects, events and publications.

SIGN UP

Deprecated: Creation of dynamic property OMAPI_Elementor_Widget::$base is deprecated in /sites/itdp-indonesia.org/files/wp-content/plugins/optinmonster/OMAPI/Elementor/Widget.php on line 41
Send this to a friend