December 28, 2012

Kopenhagen Perluas Jalur Khusus Sepeda

Metrotvnews.com, Kopenhagen: Warga Kota Copenhagen, Denmark, kini, akan semakin tertarik untuk berangkat bekerja dengan mengendarai sepeda. Pemerintah setempat telah mengembangkan jalur khusus sepeda dari dan menuju Ibu Kota negeri itu sepanjang 14 mil. Keputusan itu diambil seiring dengan meningkatnya jumlah pesepeda.

Pengembangan Jalur Khusus Sepeda itu dilakukan pemerintah pusat bekerja sama dengan 20 pemerintah daerah. Mereka berharap proyek itu mampu mendorong masyarakat untuk lebih memilih bersepeda. Tujuan lainnya dari proyek ini juga untuk membedakan jalur sepeda dengan jalur untuk kendaraan bermotor.

Menurut Ayfer Baykal, Kepala Teknik Lingkungan Kopenhagen, dengan jalur khusus ini, pesepeda bisa dengan nyaman meng-gowes sepeda, tanpa ada rasa takut tertabrak kendaraan lain.

"Intinya adalah agar para pesepeda tidak bersatu dengan pengendara kendaraan bermotor di jalur yang sama. Orang-orang merasa tidak aman ketika bersepeda dengan dikelilingi mobil dan bis. Itu merupakan alasan kenapa kami membangun infrastruktur ini," jelas Baykal.

Ketika proyek ini selesai akan ada 26 rute sepanjang 300 kilometer yang menghubungkan berbagai daerah. Sepanjang jalur sepeda akan tersedia papan petunjuk khusus sebagai informasi jarak. Juga disediakan fasilitas umum lainnya, seperti pompa ban yang tersedia di setiap satu mil.

Kebijakan pemerintah itu disambut baik warga. Mereka meyakini hal itu akan mengurangi tingkat kemacetan lalu lintas kendaraan karena warga akan lebih memilih berangkat bekerja dengan bersepeda. Selain sambil berolahraga, warga pun menghemat banyak uang.

Fasilitas umum penunjang lainnya adalah tersedianya alat-alat dasar untuk memperbaiki sepeda, serta sebuah telepon darurat yang tersambung langsung dengan bengkel-bengkel reparasi. Juga ada tempat khusus istirahat, dan tempat sampah ramah lingkungan di sepanjang jalur khusus.

Menurut para Dewan Kota Kopenhagen, perjalanan sepeda setiap harinya mampu mengurangi sekitar 450 kilogram CO-2 setiap tahunnya. Statistis di Denmark menunjukkan bahwa setiap 6 mil bersepeda mengurangi sekitar 3,5 pounds emisi karbon dioksida, dan 9 sen biaya perawatan kesehatan.

Tidak hanya keuntungan lingkungan, ekonomi, dan kesehatan, banyak yang merasakan kesenangan ketika bersepeda.(DSY)

Source

 

 

Subscribe

Sign up for updates on our projects, events and publications.

SIGN UP

Deprecated: Creation of dynamic property OMAPI_Elementor_Widget::$base is deprecated in /sites/itdp-indonesia.org/files/wp-content/plugins/optinmonster/OMAPI/Elementor/Widget.php on line 41
Send this to a friend