April 10, 2013

Mereformasi Parkir di Jakarta

 

 

Meningkatnya penggunaan kendaraan pribadi memberikan permasalahan polusi, kemacetan hingga keselamatan lalu-lintas terhadap kota. Permasalahan ini hanya dapat diatasi dengan meningkatkan kualitas moda transportasi yang berkelanjutan. Semakin banyak kota di seluruh dunia menemukan bahwa pengelolaan parkir yang efektif akan mempromosikan transportasi berkelanjutan. Manajemen parkir yang baik dapat membantu mendorong efisiensi penggunaan ruang jalan dan memfasilitasi pergeseran ke arah berjalan, bersepeda, dan transportasi umum. Selain memfasilitasi lalu-lintas yang efisien, pengelolaan parkir akan membantu memastikan kota menciptakan lahan baru bagi investasi khususnya untuk sistem transportasi massal seperti bus rapid transit, dan peningkatan fasilitas paratransit.

Salah satu usaha Pemerintah Jakarta dalam mempromosikan transportasi yang berkelanjutan adalah dengan membenahi perparkiran di Jakarta. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meminta ITDP untuk melakukan kajian studi mengenai implementasi sistem parkir meter di Jakarta. Beberapa output yang akan dihasilkan adalah perencanaan zonasi parkir, business model dan operasional, serta tarif sebagai masukan untuk kebijakan perparkiran di Jakarta.

ITDP sampai saat ini telah melakukan beberapa program manajemen parkir di beberapa kota dunia. Salah satunya adalah Budapest yang mereformasi manajemen parkirnya yang dijadikan sebagai best practice bagi kota-kota lain dunia. Budapest merupakan kota pertama di dunia yang mengimplementasikan ‘phone parking’ di mana sistem pembayaran tiket parkir dapat secara mudah dilakukan melalui telepon. Sebelum diberlakukannya sistem parkir meter ini, kondisi lalu-lintas Budapest tidak jauh berbeda dengan Jakarta. Kesemrawutan terlihat di ruas-ruas jalan karena banyaknya kendaraan yang diparkir bukan pada tempatnya.

ITDP merekomendasikan Pemerintah Jakarta untuk membentuk operator parkir yang akan diawasi oleh Unit Pelaksana Teknis Parkir dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Sistem parkir meter akan membatasi pengguna parkir untuk tidak parkir terlalu lama. Sebagai pilot project, ITDP bersama dengan UPT Parkir akan mengimplementasikan sistem baru ini di wilayah perbelanjaan Pasar Baru, Jakarta Pusat dan berencana melakukan ekspansi ke wilayah lain di seluruh Jakarta.

Video Presentasi ITDP kepada Pemprov DKI Jakarta (Youtube)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Subscribe

Sign up for updates on our projects, events and publications.

SIGN UP
Send this to a friend