May 16, 2013

Ini Peran Baru Juru Parkir Pasar Baru

TEMPO.CO , Jakarta: Institute for Transportation Development and Policy telah mensurvei penataan parkir di Pasar Baru. 

Kebetulan lembaga konsultan ini yang ditunjuk pemerintah daerah untuk merancang penataan Pasar Baru. “Kami sudah beberapa kali turun lapangan,” kata Direktur ITDP Indonesia Yoga Adiwinarto ketika dihubungi Ahad, 12 Mei 2013. Menurut Yoga, mayoritas juru parkir sudah sepakat parkira kawasan Pasar Baru berada Krekot, Pintu Air Bawah dan Atas, Jalan Antara, dan Jalan Pasar Baru Selatan. Kondisinya akan berbeda dari saat ini yang parkirannya sampai ke dalam pasar termasuk di gerbang masuk.

Beberapa akses masuk pasar akan dilengkapi semacam penghalang. Penghalang tadi akan dibuka khusus bagi kendaraan yang akan bongkar muat barang dagangan. Yoga menjelaskan dengan penataan ini parkir di kawasan tersebut akan lebih tertata. “Sehingga secara keseluruhan bisa menaikan nilai di Pasar Baru.”

Progam jangka panjang dari penataan ini adalah sebagai percontohan zonasi di Jakarta. Menurut Yoga, para juru parkir banyak yang mendukung penataan ini. Apalagi nantinya mereka akan menerima gaji tetap. Sehingga para juru parkir ini akan lebih profesional.

Dalam konsep penataan parkir Pasar Baru, para juru parkir tak lagi menarik bayaran. Tugas mereka menjaga, merapikan, dan memantau kendaraan sehingga bisa mengurangi kebocoran setoran daerah.

“Karena kan nanti sistemnya bayar di depan, ada alatnya, yaitu parkir meter,” ujar Yoga. Pengendara yang akan parkir konsepnya memasukan plat nomor dan berapa lama mereka akan parkir lalu tinggal bayar. Nah, para juru parkir ini yang akan memantau lama parkir.

Source

 

Subscribe

Sign up for updates on our projects, events and publications.

SIGN UP
Send this to a friend