January 27, 2016

Non-Motorized Transport (NMT)

Non-Motorized Transport (NMT) adalah elemen penting untuk mendorong transportasi urban. NMT merupakan aspek penting dalam menciptakan sistem transportasi yang nyaman, aman dan efisien serta terintegrasi antar moda transportasi. Bentuk NMT yang populer adalah berjalan kaki dan bersepeda.

NMT merupakan bagian integral dari pengembangan sistem BRT. Dimana semakin banyaknya NMT yang masuk dalam sistem BRT akan menjadikan lingkungan urban yang berkesinambungan. Penyediaan fasilitas NMT seperti trotoar yang lebih luas dibanding jalan raya sudah dituntut sejak pembangunan koridor 1 BRT Jakarta dimulai. Meski ada beberapa perkembangan NMT di daerah-daerah yang terpencar, integrasi antara BRT dan trotoar serta sepeda sebagai moda utama transportasi NMT dirasa masih sangat kurang.

ITDP saat ini sedang mengerjakan 2 proyek NMT, Greenways dan Sepeda untuk Publik (Public Bike). Dengan 2 proyek ini diharapkan akan adanya perkembangan infrastruktur untuk trotoar dan sepeda yang adalah sistem feeder untuk BRT.

Subscribe

Sign up for updates on our projects, events and publications.

SIGN UP
Send this to a friend