November 29, 2016

Site Visit Busway – Culinary Edition: “Down to Chinatown”!

[vc_row type=”in_container” scene_position=”center” text_color=”dark” text_align=”left” overlay_strength=”0.3″] [vc_column column_padding=”no-extra-padding” column_padding_position=”all” background_color_opacity=”1″ background_hover_color_opacity=”1″ width=”1/1″] [vc_column_text]Site Visit Busway (SVB) punya wajah baru! Kali ini, SVB mengajak mereka yang suka makan-makan, jalan-jalan dan foto-foto untuk mengikuti SVB – Culinary Edition “Down to Chinatown”. 

SVB pertama kali diselenggarakan pada tahun 2015, dimana semangat awalnya adalah sebagai program edukasi bagi anak-anak mengenai transportasi publik. Hingga tahun 2016, SVB untuk anak-anak usia 7-14 tahun ini, sudah 6 kali diselenggarakan. Tujuannya pun beragam, mulai dari Museum, Kota Tua hingga Balaikota DKI Jakarta serta Jakarta Smart City.

Di penghujung tahun 2016 ini, SVB diadakan dengan tema baru yang seru! Makan, jalan dan foto adalah kegiatan rekreasi yang lumrah dilakukan masyarakat urban. Dari sini, kami mencoba mengombinasikan semangat memberikan edukasi tentang transportasi publik dengan kegiatan rekreasi masa kini sehingga tercetus Site Visit Busway – Culinary Edition.

Chinatown Jakarta alias kawasan Glodok menjadi destinasi pertama dalam rangkaian seri Site Visit Busway – Culinary Edition ini. Glodok dipilih karena nilai kultural dan juga sejarah kawasannya, serta beragam kuliner legendaris yang dijamin kelezatannya! Bersama dengan Transjakarta, Kopi Oey, Mélu Culinary Tours dan Trafi, ITDP Indonesia mengajak warga muda Jakarta untuk naik bus Transjakarta “Vintage Series” sembari mengeksplor kawasan Glodok.

Berangkat dari halte Transjakarta Bundaran Senayan, para peserta yang berasal dari seleksi Instagram dan undangan dari berbagai komunitas di Jakarta sangat antusias memulai perjalanan. Setelah goodie bag dan e-card eksklusif dibagikan, briefing dimulai sambil menunggu kedatangan bus “Vintage Series”. Satu persatu peserta menaiki “Vintage Series” dan langsung bersemangat mengamati interior dalam bus yang dilengkapi dengan iklan-iklan zaman dulu yang catchy. “Vintage Series adalah seri tematik bus Transjakarta yang diluncurkan untuk mengenang kejayaan bus PPD. Eksterior yang dibuat menyerupai bus PPD zaman dahulu dipadukan dengan kecanggihan dan kenyamanan bus masa kini. Hingga saat ini, baru 2 bus seri vintage yang diluncurkan Transjakarta, jadi yang dapat menaikinya hanya orang-orang yang beruntung!” jelas Sisco, Head of Marketing Transjakarta.

Giliran Gandrie dari ITDP Indonesia yang memandu para peserta. Gandrie menjelaskan tentang sistem Transjakarta dan  keunggulan serta inovasi dari Transjakarta. Sesi terakhir dipandu oleh Trafi, aplikasi public transport yang berasal dari Lithuania yang kini sedang mengembangkan sistemnya di Indonesia terutama Jakarta. Sisa perjalanan menuju halte Glodok dipandu Anggi yang menjelaskan tentang sejarah jalan Gajah Mada.

Di halte Glodok, rombongan disambut Gary dan tim dari Mélu Culinary Tours yang akan memandu perjalanan di kawasan Glodok. Pemberhentian pertama ada Gang Gloria untuk menyicip kopi Tak Kie dan Cakwe. Di kawasan ini, selain menikmati kopi legendaris dari tahun 1927, para peserta juga dapat mengambil gambar serta mengobrol dengan penduduk sekitar. Perjalanan lanjut ke daerah Petak 9, menyusuri pasar yang menjual teripang dan beragam bahan makanan khas masyarakat Tionghoa, juga berkunjung ke vihara Tok Se Bio, Gereja St. Maria de Fatimah serta vihara Dharma Bakti yang indah dan syahdu. Di sini, peserta tenggelam dalam keasyikan mengambil gambar sudut-sudut tempat yang cantik, unik dan sangat instagrammble.

Pemberhentian terakhir adalah Gedung Candra Naya, bangunan rumah milik keluarga Mayor Khouw Kim An, mayor terakhir di Batavia. Tepat di samping gedung Candra Naya adalah cabang Kopi Oey yang bangunanannya melebur dengan bangunan klasik Candra Naya. Puas melihat dan mengambil foto, kami menuju Kopi Oey untuk makan siang.

Sembari menunggu makan siang datang, para peserta sibuk mengunggah foto-foto ke Instagram dengan men-tag @itdpindonesia @pt_transjakarta dan @kopioey serta menyertakan hashtag #SVBChinatown #TJgoestoChinatown dan #KopiOey untuk mendapatkan hadiah-hadiah menarik dari Kopi Oey, Transjakarta dan Mélu Culinary Tours.

SVB – Culinary Edition “Down to Chinatown” pun berakhir dengan berfoto bersama di depan bus “Vintage Series” Transjakarta! Terimakasih untuk para peserta, Transjakarta, Kopi Oey, Mélu Culinary Tours dan Trafi untuk support-nya. Sampai ketemu lagi di SVB selanjutnya!

[/vc_column_text] [/vc_column] [/vc_row] [vc_row type=”in_container” scene_position=”center” text_color=”dark” text_align=”left” overlay_strength=”0.3″] [vc_column column_padding=”no-extra-padding” column_padding_position=”all” background_color_opacity=”1″ background_hover_color_opacity=”1″ width=”1/1″] [vc_video link=”https://www.youtube.com/watch?v=YSs0B9ClniI&feature=youtu.be”] [/vc_column] [/vc_row] [vc_row type=”in_container” scene_position=”center” text_color=”dark” text_align=”left” overlay_strength=”0.3″] [vc_column column_padding=”no-extra-padding” column_padding_position=”all” background_color_opacity=”1″ background_hover_color_opacity=”1″ width=”1/1″] [vc_gallery type=”image_grid” images=”6555,6562,6563,6564,6544,6566,6540,6579,6546,6541,6550,6565,6568,6569,6551,6552,6542,6559,6575,6574,6543″ layout=”3″ gallery_style=”1″ img_size=”800×600″] [/vc_column] [/vc_row]

Subscribe

Sign up for updates on our projects, events and publications.

SIGN UP
Send this to a friend