April 11, 2018

Program Relawan Kampung 2019

Institute for Transportation & Development Policy (ITDP) adalah organisasi nirlaba yang berkantor pusat di New York City yang memiliki beberapa kantor di Mexico City, Rio de Janerio, Guangzhou, Chennai, Pune, Nairobi, Jakarta dan Washington DC. ITDP bekerja untuk mewujudkan pembangunan dan kebijakan transportasi yang berkelanjutan, ramah lingkungan, dan berkeadilan sosial di seluruh dunia. Program kerja ITDP fokus pada Bus Rapid Transit (BRT), bersepeda dan berjalan kaki, Travel Demand Management (TDM), manajemen parkir, dan Transit-Oriented Development (TOD).

Pada tahun 2019, ITDP Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mereplikasi Program Kampung Kota Bersama untuk mendukung penciptaan lingkungan yang memiliki aksesibilitas yang tinggi khususnya bagi pejalan kaki dan pesepeda sehingga mendukung terjadinya peningkatan penggunaan transportasi umum, maka ITDP bekerja mendampingi masyarakat dan pemerintah kota di sejumlah kampung di Jakarta untuk meningkatkan akses dan mobilitas masyarakat kampung kota.

 

Relawan Pendamping Kampung

ITDP mencari Relawan Pendamping Kampung untuk mendukung proses kolaborasi penataan kampung di Jakarta selama Bulan Maret–Agustus 2019. Sebelum mendampingi masyarakat kampung, Relawan Kampung akan mendapatkan pelatihan terkait dengan akses lingkungan, prinsip Transit-Oriented Development (TOD), walking metrics, dan pendampingan kampung. Relawan diharapkan untuk bekerja secara kreatif dan komunikatif dengan pekerja ITDP Indonesia dan mitra kerjanya.

Kamu, para penggiat kota yang tertarik dengan isu pendampingan warga kampung dan aksesibilitas dengan latar belakang dan keahlian apa pun, dapat bergabung dalam Program Relawan Kampung 2019!

Kriteria yang dibutuhkan:

  1. Berdomisili di Jakarta
  2. Berkomitmen tinggi untuk menyediakan waktu  untuk pendampingan kampung, minimal 3x dalam seminggu
  3. Kreatif dan cepat tanggap

 Keuntungan bagi para relawan:

  1. Pelatihan pemetaan dan penilaian kawasaan
  2. Pelatihan proses pendampingan warga (community development)
  3. Sertifikat dari Walikota dan Gubernur Provinsi DKI Jakarta
  4. Pengalaman dalam mendampingi masyarakat kampung kota

Cara Pendaftaran:

Silakan mendaftarkan diri via indorelawan. Hanya orang yang memenuhi kriteria persyaratan yang akan dihubungi kembali.

 

 FAQ Relawan Kampung Kota Bersama

Subscribe

Sign up for updates on our projects, events and publications.

SIGN UP
Skip to content
Send this to a friend