May 11, 2018

Peluncuran TOD Standard 3.0

ITDP Indonesia secara resmi meluncurkan edisi Bahasa Indonesia dari TOD Standards vers. 3.0 di Jakarta, Indonesia pada Kamis, 26 September 2017.

Acara peluncuran buku TOD Standards versi 3.0 ini diadakan di @america, Ruang dan Pusat Budaya Amerika Serikat yang dikelola oleh Kedutaan Amerika Serikat dan terletak di Pacific Place, Sudirman. Untuk meramaikan acara ini, ITDP Indonesia mengundang Michael King dan Elisa Sutanudjaja sebagai pembicara tamu. Acara ini juga dimoderatori oleh Yoga Adiwinarto, Country Director dari ITDP Indonesia.

Michael King, sebagai ahli transportasi dan perencanaan kota utama dari BuroHappold Engineering dan salah satu anggota Komite Teknis TOD Standards, memperkenalkan TOD Standards sebagai panduan dan alat untuk membentuk dan menilai pembangunan perkotaan yang berorientasikan transit.  Dalam panduan disebutkan dalam arah pembangunan perkotaan yang berorientasikan transit harus memiliki delapan prinsip inti, yaitu Walk, Cycle, Transit, Connect, Mix, Densify, Compact, dan Shift. Masing-masing dari delapan prinsip didukung oleh tujuan kinerja spesifik dan dapat dengan mudah diukur oleh indikator yang dijelaskan dengan detail di buku TOD Standards. Sementara Elisa Sutanudjaja, Direktur Pusat Studi Perkotaan RUJAK (Ruang untuk Jakarta), memberikan ikhtisar dan contoh bagaimana Standar TOD dapat diimplementasikan dalam konteks lokal sehingga dapat memecahkan masalah yang unik untuk Jakarta. Menurutnya, TOD tidak hanya bisa diaplikasikan oleh developer dan pembangunan real estate elit, tetapi sebenarnya kampung kota yang ada di Jakarta sudah memiliki prinsip-prinsip TOD yang terimplementasikan secara alami.

Dalam acara ini, ITDP Indonesia secara resmi memperkenalkan TOD Standards sebagai alat perencanaan kota-kota berkelanjutan di Indonesia dan berharap TOD Standards akan membantu pemerintah, pengembang, perencana kota untuk menciptakan kota yang dapat diakses oleh semua kalangan masyarakat serta menghubungkan masyarakat ke aktivitas ekonomi, pendidikan, serta peluang perkerjaan dengan aman, nyaman dan terjangkau bagi setiap orang. Delapan prinsip inti dari TOD Standards adalah instrumen untuk menciptakan kota yang padat, terpadu, ramah akan manusia dan memiliki sistem angkutan massal berkualitas tinggi. ITDP Indonesia berharap bahwa penerapan Standar TOD dapat meningkatkan standar pada pembangunan infrastruktur dan transportasi umum dan menjadi lebih inklusif, yang berarti secara proaktif akan memenuhi kebutuhan semua warga negara, tanpa memandang usia, kemampuan fisik, demografi, dan pendapatan.

 

Subscribe

Sign up for updates on our projects, events and publications.

SIGN UP
Skip to content
Send this to a friend