September 20, 2018

Kembalikan Ruang Publik Kami

Jakarta untuk pertama kalinya akan terlibat dalam Kampanye Internasional PARK(ing) Day pada hari Jumat, 16 September 2011, pukul 06.30-19.00 di depan Kopitiam Oey, Jalan Sabang.

JAKARTA PARK (ing) Day

16 September 2011

Kembalikan Ruang Publik Kami

Sejak beberapa tahun belakangan ini, beberapa kota di seluruh dunia telah mengalami kondisi mengkhawatirkan dimana ruang untuk kendaraan bermotor mendapatkan porsi lebih banyak daripada ruang untuk manusia.

Terlebih lagi ketika ada anggapan bahwa membayar parkir di bahu jalan atau bahkan di trotoar adalah seperti ‘menyewa’ sebuah ruang publik. Padahal ruang publik adalah ruang yang seharusnya digunakan oleh masyarakat untuk berinteraksi satu sama lain, seperti melakukan pertemuan, ngobrol, minum kopi, dan sebagainya. Perubahan harus dilakukan.

Untuk mendorong perubahan tersebut, sejak tahun 2005, muncul kampanye publik dengan pesan mengembalikan fungsi bahu jalan/trotoar yang saat ini digunakan sebagai ruang parkir kendaraan pribadi, menjadi ruang publik dimana masyarakat sebagai manusia dapat berinteraksi satu sama lain.

Kampanye ini dikenal dengan nama PARK(ing) Day. Pada tahun 2010, kampanye ini telah dilaksanakan di 183 kota di 30 negara dan 6 benua.

Apa tujuan PARK(ing) Day?

Kampanye internasional PARK(ing) Day ini bertujuan:

1.    Memberikan edukasi publik dan pengambil kebijakan kota tentang pentingnya ruang publik.

2.    Mengajak masyarakat untuk melihat dan merasakan dampak perubahan ruang parkir bahu jalan/trotoar menjadi ruang publik.

3.    Mendapatkan dukungan dari semua pihak (masyarakat dan pengambil kebijakan) atas perlunya perubahan seperti tersebut di atas, untuk kota yang lebih manusiawi.

 

Parking Day
Parkir Bahu Jalan di Jakarta – Sumber: google images
Parking Day
PARK(ing) Day di San Fransisco, 2005

Parking Day

PARK(ing) Day di Argentina, 2010

Kapan dan dimana PARK(ing) Day dilaksanakan?

PARK(ing) Day adalah kampanye yang dilakukan setiap tahun di seluruh dunia. Tahun ini, untuk pertama kalinya, Jakarta akan terlibat dalam kampanye tersebut yang akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal: Jumat,16 September 2011

Waktu: 06.30-19.00

Lokasi: depan Kopi Tiam Oey, Jalan Sabang, Jakarta Pusat.

Ruang Parkir di depan Kopi Tiam Oey, Sabang akan diubah menjadi Ruang Publik

Mengapa Jalan Sabang?

Jalan Sabang adalah area di pusat kota Jakarta yang memiliki daya tarik tersendiri untuk wisatawan dan warga Jakarta sendiri karena dikenal sebagai area kuliner malam hari dan juga kegiatan komersial lainnya. Namun setelah area kuliner direalokasi, bahu jalan/trotoar berubah fungsi menjadi tempat parkir kendaraan pribadi.

Berdasarkan survey yang dilakukan ITDP Indonesia, rata-rata ada sekitar 300(tiga ratus) kendaraan pribadi per jam yang parkir di area parkir bahu jalan/trotoar seluas 4.039m2 tersebut. Dari total luas area Jalan Sabang, kendaraan bermotor mendapatkan porsi ruang yang lebih besar yaitu sebesar 78%, sementara untuk pejalan kaki dan ruang publik hanya mendapatkan porsi 22%.

Apa saja yang akan dilakukan pada saat PARK(ing) Day?

Masyarakat sebagai pribadi ataupun komunitas dapat melihat dan menikmati ruang publik untuk berkumpul, bersantai, ngobrol dan bertemu satu sama lainnya.

Siapakah yang dapat berpartisipasi dalam PARK(ing) Day?

Setiap warga Jakarta berhak untuk berpartisipasi dalam kampanye Park(ing) Day, yaitu dengan cara:

1. Luangkan waktu pada tanggal 16 September 2011 untuk mampir ke “Ruang Publik”, di depan Kopi Tiam Oey, Jalan Sabang.

2. Teruskan informasi ini kepada teman, saudara, rekan kerja, dsb

3. Coba lakukan hal serupa di daerah sekitar Anda.

Setiap warga Jakarta memiliki peran penting dalam membentuk kota. Jika Anda sudah melakukan salah satu dari ketiga hal tersebut, maka Anda sudah menggunakan hak Anda sebagai warga untuk menjadikan Jakarta menjadi Kota yang Manusiawi.

=======================================================================

Informasi lebih lanjut: ratna.yunita@itdp.org atau www.itdp-indonesia.org

Sumber: Survey ITDP, 2011; www.rebargroup.org ; www.parkingday.org,

Subscribe

Sign up for updates on our projects, events and publications.

SIGN UP
Translate »
Skip to content
Send this to a friend