March 06, 2019

Registrasi Urban Transport Discussion #10: Fenomena Kurir Sepeda di Jakarta

Dalam gelarannya yang ke-10, Urban Transport Discussion (UTD) akan diselenggarakan dengan konten acara yang lebih menarik. Kali ini, UTD akan mengombinasikan diskusi publik dengan nonton bareng (nobar) film dokumenter mengenai kurir sepeda di Jakarta bertajuk “Uplifting Ride”.

“Uplifting Ride” adalah film dokumenter garapan Rangga Oktavian, seorang sutradara muda yang mempunyai passion dan ketertarikan dengan komunitas sepeda. Film ini menceritakan sosok Niki, founder dari @kamiantarjkt, dalam kesehariannya sebagai kurir sepeda di Jakarta dan ceritanya mengikuti kompetisi kurir sepeda tingkat dunia, “Cycle Messenger World Championships”, untuk pertama kalinya.

 

Trailer

Selepas menonton film “Uplifting Rides”, peserta akan langsung memasuki sesi diskusi “Fenomena Kurir Sepeda di Jakarta: Dampaknya terhadap kultur bersepeda di perkotaan”, bersama 3 narasumber dari baik dari komunitas sepeda, pemangku kepentingan dan juga pelaku industri kurir sepeda itu sendiri. Peserta diajak berdiskusi mengenai fenomena kurir sepeda di Jakarta yang mulai berkembang tidak hanya di Jakarta namun di kota lain di Indonesia.

Diinisiasi oleh pesepeda generasi muda, para kurir sepeda ini mengombinasikan kesenangan mereka akan sepeda yang kemudian menjadi potensi lapangan kerja yang berkelanjutan dan yang paling penting, ramah lingkungan. Kemunculan para kurir sepeda ini tentu menimbulkan pertanyaan, apakah ini sebuah kultur bersepeda terbaru yang mungkin dapat membangkitkan semangat bersepeda ke generasi muda dan generasi selanjutnya? Atau hanya tren sesaat?

Bersama para narasumber:

  • Sigit Wijatmoko, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta**
  • Poetoet Soedarjanto, Ketua Bike2Work Indonesia
  • Niki Bagoes Rizky, Founder @kamiantarjkt
** to be confirmed

 

 REGISTRASI UTD #10

Subscribe

Sign up for updates on our projects, events and publications.

SIGN UP
Send this to a friend