July 24, 2019

Jakarta Cycling Tour with Jakarta Good Guide

Setelah beberapa kali Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) Indonesia dan Jakarta Good Guide berkolaborasi dalam meningkatkan kesadaran atas transportasi non-bermotor dan transportasi berkelanjutan di Jakarta. Dalam rangka merayakan bulan “Kemerdekaan Indonesia”, Jakarta Good Guide, ITDP Indonesia, Gowes Bikesharing, Westbike Messenger Service dan MRT Jakarta mengajak warga Jakarta untuk bersepeda keliling Jakarta sambil mengujungi tempat-tempat yang sarat dengan semangat kemerdekaan Indonesia. Dipandu oleh Jakarta Good Guide, para peserta akan diajak bersepeda menyusuri rute Menteng – Cikini. Acara yang bertajuk “Cycling Tour with Jakarta Good Guide” ini pada akhirnya dilaksanakan tanggal 3 Agustus 2019 kemarin.

Acara ini dihadiri oleh komunitas-komunitas pesepeda DKI Jakarta dan pihak pemerintah, yaitu Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Yusmada Faizal; Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Syafrin; dan Walikota Jakarta Pusat, Bayu Megantara. Antusiasme warga Jakarta akan bersepeda, terlihat dari tingginya jumlah pendaftar di kegiatan ini, baik yang membawa sepeda sendiri maupun tidak membawa sepeda sendiri. Acara dimulai dari Stasiun MRT Dukuh Atas dengan melibatkan pengguna sepeda, komunitas sepeda, dan pengguna jalan non-sepeda di Jakarta untuk mencoba dan berdiskusi dalam menciptakan lingkungan bersepeda yang aman dan nyaman di Jakarta dan diharapkan dapat meningkatkan kesadaran tentang kebutuhan fasilitas pesepeda di Jakarta. Dari pukul 07.00 WIB hingga pukul WIB 11.00, para peserta bersepeda mengelilingi daerah Menteng-Cikini dengan berhenti di beberapa tempat bersejarah, yaitu di Rumah Bung Hatta, Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Gedung Joang 45, Tugu Proklamasi.

Melalui acara ini, ITDP Indonesia ingin mendukung Jakarta sebagai sebuah kota yang ramah untuk bersepeda. Sudah terbukti di kota-kota lain di dunia, bahwa dengan infrastruktur dan fasilitas pesepeda yang menciptakan lingkungan yang aman akan mendatang para pesepeda baru. Antusiasme masyarakat untuk menggunakan moda yang ramah lingkungan ini harusnya didukung oleh pemerintah kotda melalui infrastruktur memadai dan penegakan hukum yang ketat sehingga tidak ada rasa aman dan nyaman bagi para pengguna sepeda ketika bersepeda di jalan Jakarta.

Subscribe

Sign up for updates on our projects, events and publications.

SIGN UP
Send this to a friend