July 02, 2019

Langkawi Integrated : Green Urban Transportation Plan Workshop

 

Senin (1/6) kemarin, Yoga Adiwinarto,  South East Asia Director ITDP, hadir dalam sebuah workshop “Langkawi Integrated : Green Urban Transportation Plan” yang diadakan di Alor Setah, Kedah, Malaysia. Acara ini diadakan oleh  MBI Kedah, Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMG-GT) dan Asian Development Bank (ADB). Dalam acara ini, Yoga hadir sebagai salah satu panelis dan mempresentasikan sebuah laporan yang bertajuk “Towards Green Transport Langkawi: Measures to improve public transport, walking and cycling in Langkawi Island“.

Konsep “Green Transport” bertujuan untuk mengurangi emisi karbon dan polusi yang disebabkan oleh kendaraan bermotor pribadi serta mempromosikan moda transportasi publik, bersepeda, dan berjalan kaki. Beberapa strategi yang disusun dalam mempromosikan konsep ini di Langkawi adalah:

  • Mengalihkan penggunaan kendaraan bermotor pribadi ke moda transportasi yang lebih hijau dan ramah lingkungan, seperti berjalan kaki, bersepeda, dan angkutan umum
  • Elektrifikasi armada kendaraan bermotor di Langkawi, baik kendaraan umum maupun pribadi
  • Pengurangan emisi, polusi udara dan polusi udara dari kapal-kapal wisata.

Dalam paparannya, Yoga mempresentasikan sebuah rencana dan strategi untuk mewujudkan konsep “Green Transport” untuk Kota Langkawi. Yoga mengatakan, usaha untuk mengimplementasikan konsep “Green Transport” dapat dicapai dengan mengubah pola pembangunan perkotaan dan mobilitas di Langkawi, dengan memprioritaskan people-oriented design dibandingkan car-oriented design. Ia juga menekankan pentingnya investasi ke peningkatan kualitas fasilitas pejalan kaki, pesepeda dan angkutan umum. Salah satunya dengan usulan yang diusung oleh ITDP adalah pembangunan lajur khusus sepeda dan implementasi sistem bikeshare di ruang publik dan titik wisata Kota Langkawi, salah satunya Pantai Cenang. Dengan mengkombinasikan perencanaan dan pembangunan sistem transportasi yang berkelanjutan, konsep “Green Transport” yang diusung dapat menghasilkan kota yang lebih baik, sehat, dan nyaman.

 

 

Untuk tahu lebih banyak tentang paparan Yoga di  workshop Langkawi Integrated : Green Urban Transportation Plan, unduh  ” Towards Green Transport Langkawi: Measures to improve public transport, walking and cycling in Langkawi Islanddisini!

Subscribe

Sign up for updates on our projects, events and publications.

SIGN UP

Deprecated: Creation of dynamic property OMAPI_Elementor_Widget::$base is deprecated in /sites/itdp-indonesia.org/files/wp-content/plugins/optinmonster/OMAPI/Elementor/Widget.php on line 41
Send this to a friend