September 02, 2019

Workshop Desain Jakarta Ramah Bersepeda

Jakarta sebagai kota ramah untuk masyarakatnya bersepeda? Kenapa tidak? Sepeda sebagai moda transportasi ramah lingkungan dan menyehatkan harus berada di hierarki tertinggi bersama pejalan kaki di ruang jalan, bila ingin mewujudkan kota Jakarta yang humanis dan lestari. Demi mewujudkan hal ini, ITDP Indonesia menyelenggarakan sebuah kegiatan workshop, yang bertajuk “Community Design Workshop: Jakarta as a Bike-Friendly City”

Workshop ini diadakan untuk memperkaya materi terkait perwujudan “Jakarta Kota Ramah Sepeda” dengan melibatkan komunitas dan warga pengguna jalan. dengan format pemberian materi yang dikombinasikan dengan pelibatan peserta dalam merencanakan masa depan Kota Jakarta sebagai kota ramah sepeda.

Para peserta dengan beragam latar belakang, mulai dari arsitek, pengajar, kurir sepeda, hingga aktivis lingkungan hidup baik yang bersepeda secara rutin hingga mereka yang ingin terinspirasi untuk mulai bersepeda, berkumpul hari Sabtu kemarin untuk berdiskusi dan memberikan ide-ide segar dalam mewujudkan Jakarta Ramah Bersepeda.  Workshop ini dibagi dalam beberapa sesi, dimulai dengan mengidentifikasi tantangan & permasalahan bersepeda di Jakarta serta membuat daftar prioritas tujuan dan indikator dalam mewujudkan #JakartaRamahBersepeda. Para peserta juga gowes bareng menjajal jalur sepeda di Melawai sekaligus melakukan audit. Workshop ini kemudian menghasilkan konsensus  yang nantinya dapat menjadi rujukan bagi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Hasil diskusi dari workshop ini kemudian menjadi konsensus “Jakarta Ramah Bersepeda” yang terdiri dari indikator, tujuan hingga rekomendasi aksi, lebih lengkapnya dapat diakses di bit.ly/JakartaRamahBersepeda.

Untuk tahu lebih lanjut mengenai kegiatan “Design Community Workshop : Jakarta as a Bike Friendly City”, unduh “Langkah Mewujudkan Jakarta Ramah Bersepeda” di sini!

Subscribe

Sign up for updates on our projects, events and publications.

SIGN UP
Send this to a friend