June 19, 2020

ITDP Indonesia x RUJAK Center of Urban Studies: “Berdamai” dengan Corona

Selama masa pandemi, berkegiatan di rumah menjadi opsi teraman untuk warga. Apakah kita bisa beraktivitas normal lagi? Salah satu upaya mitigasi yang disarankan selama pandemi berlangsung adalah physical distancing, di mana ada jarak aman untuk terjadi interaksi antar-warga. Di kota, hal ini dapat dilakukan dengan memberikan ruang seluas-luasnya untuk manusia, agar dapat beraktivitas “normal” kembali. Melihat pentingnya upaya pemerintah untuk membuka ruang bagi warga dan juga aksi warga untuk menciptakan kawasan yang lebih ‘aman dan sehat’, ITDP Indonesia dan RUJAK Center for Urban Studies (RCUS) berkolaborasi dalam membuat seri webinar yang terbagi dalam tiga sesi untuk mengangkat siasat yang dapat dilakukan sebagai upaya dalam “berdamai” dengan Covid-19.

 

Sesi Daring #1: Siasat Warga Hadapi Corona

Bersama dengan Komunitas Anak Kali Ciliwung, Dosen Sosiologi Politik UNJ Ubedilah Badrun, Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo, Asisten Pembagunan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Yusmada Faisal, dan Kepala Dinas Bina Marga DKI Hari Nugroho, ITDP Indonesia dan RCUS membahas mengenai penerapan protokol Covid-19 di skala permukiman dan kampung kota.

Unduh Paparan dari RUJAK Center for Urban Studies, ITDP Indonesia, dan Komunitas Anak Kali Ciliwung melalui tautan ini!

 

Sesi Daring #2: Siasat Kota Hadapi Corona

Menghadapi masa transisi dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang menimbulkan rasa kekhawatiran akan penyebaran virus Covid-19 bersamaan dengan meningkatnya mobilitas warga, ITDP Indonesia dan RCUS bersama dengan Bike 2 Work Indonesia, Akademisi Kesehatan Masyarakat Irma Hidayana, Pengamat Transportasi Tory Damantoro, Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo dan Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan DKI Rudy Saptari mengangkat intervensi skala kota yang dibutuhkan untuk mobilitas warga dalam masa pandemi.

Unduh Paparan dari RUJAK Center for Urban Studies, ITDP Indonesia, dan Bike 2 Work Indonesia melalui tautan ini!

 

Sesi Daring #3: Masa Depan Transportasi dan Pengembangan Kawasan di Jakarta

DKI Jakarta telah memasuki fase ‘New Normal’ yang secara signifikan berpengaruh pada aktivitas mobilitas warganya. Kali ini praktik protokol ‘New Normal’ pada transportasi publik berperan krusial dalam memitigasi penyebaran COVID-19. ITDP Indonesia & RCUS bersama dengan Direktur Utama Transjakarta Sadjono Jhony Tjitrokusumo, Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan DKI Rudy Saptari, Pengamat Transportasi Adriansyah Yasin Sulaeman (Forum Diskusi Transportasi Jakarta), Pengamat Transportasi David Tjahjana (Komunitas Suara Transjakarta) mencoba menjawab bagaimana sebaiknya operasional transportasi publik yang berkelanjutan dan berketahanan pasca pandemi serta keterkaitannya dengan pengembangan kawasan Jakarta.

Unduh Paparan dari RUJAK Center for Urban Studies, ITDP Indonesia, dan Transjakarta melalui tautan ini!

Subscribe

Sign up for updates on our projects, events and publications.

SIGN UP

Deprecated: Creation of dynamic property OMAPI_Elementor_Widget::$base is deprecated in /sites/itdp-indonesia.org/files/wp-content/plugins/optinmonster/OMAPI/Elementor/Widget.php on line 41
Send this to a friend