September 01, 2020

FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD): Rancangan Peraturan Gubernur Penyelenggaraan Operasional Bike-sharing

Dinas Perhubungan DKI Jakarta meluncurkan program uji coba bike-sharing untuk mengakomodir meningkatnya penggunaan sepeda dan menjadikan sepeda moda alternatif di perkotaan. Bike-sharing merupakan sistem yang mendukung perjalanan first-last mile perkotaan, untuk memotong jarak pengguna angkutan umum dari dan menuju stasiun terdekat. Bike-sharing akhirnya diujicobakan di area terbuka untuk merespon Peraturan Gubernur PSBB Transisi yang memprioritaskan pembangunan mobilitas perkotaan untuk pejalan kaki dan pesepeda. Uji coba bike-sharing ditandai dengan peluncuran 200 sepeda di 6 titik parkir yang telah diperpanjang hingga 3 September 2020 dengan 750 unit sepeda di 52 titik parkir

Menindaklanjuti sistem bike-sharing di Jakarta, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mempersiapkan Rancangan Peraturan Gubernur Penyelenggaraan Operasional Bike-Sharing. Focus Group Discussion (FGD) ini kemudian menjadi tindak lanjut penyusunan Rancangan Peraturan Gubernur yang bertujuan untuk mendapatkan usulan dan masukan dari para stakeholder mengenai rancangan peraturan bike-sharing dengan mempertimbangkan semua aspek terkait serta menyempurnakan rancangan peraturan bike-sharing untuk dimasukkan dalam usulan Peraturan Gubernur.

Focus Group Discussion yang dilaksanakan pada Jumat, 14 Agustus 2020 ini diikuti oleh para operator bike-sharing, operator transportasi umum, komunitas, serta badan dan dinas pemerintahan terkait dan terbagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama merupakan sesi paparan yang diisi oleh Clara Vadillo (ITDP Mexico) mengenai kondisi bike-sharing dan praktik penyelenggaraannya di Kota Mexico City, Rian Wicaksana (ITDP Indonesia) yang memaparkan mengenai konsep bike-sharing dan implementasinya di Jakarta serta perwakilan dari Dishub DKI Jakarta yang memaparkan rencana Peraturan Gubernur sebagai payung hukum operasional bike-sharing di Jakarta.

Sesi kedua merupakan sesi diskusi grup yang membahas topik-topik berikut secara khusus, setiap topik diisi oleh para pihak yang memiliki keahlian dan kepentingan terkait:

  1. Operasional dan Pemeliharaan
  2. Keselamatan 
  3. Kewenangan dan Kelembagaan
  4. Aksesibilitas dan Inklusivitas 
  5. Data Sharing, Monitoring dan Evaluasi

FGD kemudian ditutup dengan sesi diskusi bersama, penarikan kesimpulan dan presentasi singkat dari Jakarta Investment Center. Silakan simak ulang FGD melalui tautan berikut.

 

Mohon partisipasi Anda dalam mengisi

Form Aspirasi Rancangan Peraturan Gubernur Penyelenggaraan Operasional Bike-sharing

 

Unduh notulensi & paparan dari ITDP Indonesia, ITDP Brazil, Dinas Perhubungan DKI Jakarta, dan Jakarta Investment Center melalui tautan ini!

Subscribe

Sign up for updates on our projects, events and publications.

SIGN UP
Send this to a friend