September 01, 2020

Sepeda Berbagi: Peminjaman Sepeda Gratis untuk Warga Jakarta

“Sepeda Berbagi” adalah program inisiasi ITDP Indonesia dan B2W Indonesia untuk berbagi sepeda dengan warga Jakarta di masa pandemi ini. 

Terinspirasi dari program “Lend-a-bike” yang diinisiasi oleh warga pesepeda di Filipina yang meminjamkan sepeda kepada para tenaga medis dan pekerja sektor esensial, ITDP Indonesia dan Bike 2 Work Indonesia mencoba menerapkan program serupa di Jakarta.

Melalui Sepeda Berbagi, kami mencoba memberikan moda transportasi pilihan bagi para warga ibukota dengan menyediakan peminjaman sepeda gratis. Sepeda Berbagi bersifat kerelawanan dan non-profit, di mana para peminjam sepeda dapat menggunakan sepeda GRATIS.

Kehadiran Sepeda Berbagi diharapkan dapat mendorong budaya bersepeda dengan memotong ganjalan masyarakat untuk bersepeda yaitu kepemilikan sepeda, memotong jarak, waktu dan biaya transportasi untuk perjalanan jarak dekat dan mendorong pemerintah untuk percepatan penyediaan fasilitas pendukung sepeda

Saat ini Sepeda Berbagi telah bekerjasama dengan MRT Jakarta dan beroperasi di titik berikut:

  • Kantor ITDP Indonesia, Jl. Johar No.20
  • Stasiun MRT Bundaran HI
  • Stasiun MRT Dukuh Atas
  • Taman Budaya Dukuh Atas Sisi Timur
  • Stasiun MRT Setiabudi
  • Stasiun MRT Blok M (sisi pintu A)

Anda dapat meminjam sepeda selama satu (1) hari penuh selama Waktu operasional peminjaman sepeda berbagi, pukul 07.00 – 19.00 di hari Senin-Jumat.

Sehubungan dengan terbatasnya jumlah sepeda, peminjaman sebaiknya dilakukan H-1, namun jika hendak melakukan peminjaman untuk hari yang sama (on the spot), hanya bisa dilakukan sebelum pukul 17.30 di hari Senin-Jumat.

Tata Cara Peminjaman

  1. Anda dapat menghubungi kami melalui bit.ly/kontaksepedaberbagi pada Jam Operasional kami.
  2. Isi data diri anda sesuai format

3. Baca Perjanjian Peminjaman dan Isi Formulir untuk mendapatkan Kode Gembok Sepeda (apabila sepeda tersedia di titik pilihan Anda)

 

Donatur Pinjaman Sepeda

Anda juga dapat berpartisipasi dalam program ini dengan meminjamkan sepeda Anda yang sudah tidak terpakai! Silakan kunjungi tautan berikut bit.ly/berbagisepeda, pihak Sepeda Berbagi akan menghubungi Anda untuk menetapkan jadwal pertemuan dan pengecekan di lokasi pemberi peminjaman. Pihak kami akan menghampiri Anda untuk verifikasi data dan Anda harus menandatangani perjanjian peminjaman yang akan kami sediakan dalam bentuk fisik pada saat waktu pengambilan. B

Untuk pertanyaan lebih lanjut, silakan kontak WhatsApp kami via bit.ly/kontaksepedaberbagi

 

Ikuti media sosial kami (@sepedaberbagi) di Twitter & Instagram untuk mendapatkan informasi terbaru! 

Subscribe

Sign up for updates on our projects, events and publications.

SIGN UP
Translate »
Skip to content
Send this to a friend