April 08, 2021

Lokakarya Penyelenggaraan Jalur Sepeda Nasional

ITDP Indonesia bersama Bike2Work Indonesia serta Kementerian Perhubungan dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan “Lokakarya Penyelenggaraan Jalur Sepeda Nasional”. Kegiatan lokakarya ini diselenggarakan secara daring dalam tiga waktu pelaksanaan dibagi berdasarkan wilayah Indonesia bagian Barat, Indonesia Bagian Tengah dan Indonesia Bagian Timur. Selama 3 seri penyelenggaraannya, 30 kota seluruh Indonesia dengan 110 peserta dari Dinas Perhubungan, Dinas Pekerjaan Umumdan Bike2Work serta komunitas lokal masing-masing kota turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Lokakarya ini terselenggara, dilatarbelakangi temuan Bike2Work Indonesia terkait adanya upaya penyelenggaraan penyediaan jalur sepeda oleh pemerintah kota-kota di Indonesia. Namun, penyelenggaraan ini terkendala berbagai hal mulai dari anggaran hingga acuan teknis dalam mendesain jalur sepeda yang tepat guna.

ITDP Indonesia kemudian mendukungnya dengan menyiapkan rencana penyelenggaraan lokakarya. Bersama Bike2Work Indonesia, rencana penyelenggaraan lokakarya ini kemudian diajukan ke Kementerian Perhubungan dan Kementerian PUPR, yang diterima dengan baik. Teman-teman gerakan Bike2Work kota dan komunitas sepeda pun ikut menjadi peserta bersama staf Dinas Perhubungan dan Dinas Pekerjaan Umum masing-masing kota-kota peserta. Fokus lokakarya ini antara lain:

  • Meningkatkan kapasitas peserta dalam merencanakan dan menyelenggarakan jalur sepeda
  • Mendorong terbentuknya pedoman resmi perencanaan dan penyelengaraan jalur sepeda
  • Percepatan penyelenggaraan jalur sepeda di Indonesia yang menjamin keselamatan, keamanan dan kenyamanan melalui kolaborasi antar masyarakat dan pemerintah

Tentunya, besar harapan kami tindak lanjut dari lokakarya ini akan dapat terimplementasi dengan baik dimana dibutuhkan sokongan luar biasa dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Perhubungan dan Kementerian PUPR, agar dapat terwujud jalur-jalur sepeda tepat guna di kota-kota di Indonesia. Teman-teman penggiat sepeda dan komunitas sepeda masing-masing kota peserta akan terus menjadi corong untuk mengingatkan, mengkritisi dan tentunya mendukung hingga penyelenggaraan jalur sepeda terjadi di kotanya masing-masing.

Materi lokakarya dapat diunduh di tautan ini

Laporan “Lokakarya Penyelenggaraan Jalur Sepeda Nasional” dapat diunduh di tautan ini

Subscribe

Sign up for updates on our projects, events and publications.

SIGN UP

Deprecated: Creation of dynamic property OMAPI_Elementor_Widget::$base is deprecated in /sites/itdp-indonesia.org/files/wp-content/plugins/optinmonster/OMAPI/Elementor/Widget.php on line 41
Send this to a friend