December 23, 2022

Refleksi Akhir Tahun: 2022

Selama tahun 2022, transportasi berkelanjutan di Indonesia terus berkembang. ITDP Indonesia, bersama dengan seluruh pihak kolaborator, terus melakukan upaya untuk mendorong terciptanya transportasi perkotaan yang berkelanjutan dan berkeadilan. Berikut sembilan sorotan kegiatan ITDP Indonesia bersama para kolaborator di tahun 2022.

Laporan Evaluasi Pembangunan Jalur Sepeda Terproteksi

Sebagai tindak lanjut dokumen evaluasi teknis jalur sepeda, Bike2Work Indonesia dan ITDP Indonesia menggelar forum diskusi online bertajuk “Forum Diskusi #2: Jalur Bersepeda Penting Bukan Penting” yang mengajak masyarakat untuk menyampaikan pendapat, keprihatinan, dan masukannya untuk melengkapi evaluasi jalur sepeda tersebut. Topik pembahasan terutama difokuskan pada poin-poin evaluasi mana yang harus diprioritaskan untuk dibenahi oleh Pemprov DKI Jakarta, menyusul rencana optimalisasi jalur sepeda yang ada pada tahun 2023.

Diantara 5 (lima) poin yang telah teridentifikasi yaitu : 1) Kurangnya infrastruktur bersepeda; 2) Kurangnya fasilitas pendukung yang berkualitas, 3) Kurangnya penegakan hukum, 4) Kurangnya aksesibilitas bersepeda yang aman ke daerah pemukiman dan tujuan, dan 5) Perlu lebih banyak kampanye/aktivasi bersepeda, yang harus diprioritaskan adalah nomor 3 dan 5 tanpa mengabaikan pentingnya poin-poin lainnya.

 

Jakarta E-mobility Event

Untuk mendukung elektrifikasi bus Transjakarta, pada bulan Maret 2022 DKI Jakarta bersama ITDP, UK PACT, C40-CFF, TUMI Initiative, UNEP, CTCN, ICCT, dan KPBB menyelenggarakan “Jakarta E-Mobility Event”. Acara ini terdiri dari rangkaian webinar, lokakarya, dan peningkatan kapasitas yang menghadirkan narasumber ahli dari berbagai kota di seluruh dunia. “Jakarta E-Mobility Event” dibuka dengan penyampaian komitmen DKI Jakarta terhadap elektrifikasi transportasi publik, dilanjutkan dengan peningkatan kapasitas meliputi studi kasus, kebijakan elektrifikasi bus, hingga pemilihan teknologi dan model bisnis, disertai dengan diskusi peer-to-peer bagi operator bus, produsen bus listrik, dan pemerintah kota.

 

Publikasi: Roadmap and Timetable for E-Two Wheelers Electrification in Greater Jakarta

Sepeda motor merupakan salah satu penyumbang utama polusi udara dan emisi gas rumah kaca di Jakarta. Selain mendorong elektrifikasi transportasi publik, dengan lebih dari 13 juta unit sepeda motor di Jakarta, elektrifikasi sepeda motor dapat mendukung dimulainya ekosistem elektrifikasi. ITDP Indonesia didukung oleh UK PACT melakukan kajian untuk mendorong pengembangan kebijakan, peta jalan, dan pentahapan yang jelas untuk mencapai target pemerintah, yaitu 2,1 juta sepeda motor listrik pada 2025.

 

 

 

 

Implementasi Pilot 30 Bus Listrik Transjakarta 

Setelah melakukan tahapan uji coba dan evaluasi pada tahun 2020 dan 2021, pada tahun 2022 ini Transjakarta memulai implementasi pilot dengan 30 bus listrik yang dioperasikan untuk rute 1P (Terminal Senen – Bundaran Senayan), 1R (Tanah Abang – Terminal Senen), 1N (Blok M – Tanah Abang), dan 6N (Ragunan – Blok M). 10 tempat pengisian daya listrik juga telah dibangun untuk menyokong operasional bus listrik pilot ini.

ITDP Indonesia terus melakukan pendampingan teknis untuk pengembangan bus listrik Transjakarta, yang terangkum dalam seri  “Jakarta’s TUMI #eBusMission”, menyajikan perkembangan upaya-upaya dan berita terbaru terkait elektrifikasi bus di Jakarta, dan Indonesia.

 

Revisi SE Menteri PUPR 02/2018

Penyediaan fasilitas pejalan kaki di Indonesia dijamin melalui Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan. Panduan teknis desain bagi penyelenggaraan penyediaan fasilitas pejalan kaki pun telah diatur melalui Surat Edaran Menteri PUPR No. 2 Tahun 2018 yang mewajibkan dinas teknis di seluruh Indonesia mengikuti panduan ketika membangun fasilitas pejalan kaki. Namun, pedoman yang ada saat ini belum memasukkan unsur inklusivitas bagi warga kelompok rentan, penyandang disabilitas, lansia, anak-anak, dan perempuan. 

ITDP Indonesia, Gerakan Aksesibilitas Umum Nasional (GAUN) dan UN Women Indonesia beserta Kementerian PUPR, selama 1 tahun ke belakang melakukan kaji ulang Surat Edaran Menteri PUPR No. 2 Tahun 2018 agar dapat mengakomodasi seluruh pengguna jalan dengan berbagai level kemampuan, gender, dan usia. 

 

Cycling Cities: Surabaya Ramah Bersepeda

Sebagai bentuk aktivasi kampanye Cycling Cities, ITDP Indonesia mengadakan program “Kota Ramah Bersepeda”, yaitu kegiatan perencanaan infrastruktur sepeda yang mengedepankan proses partisipatif-kolaboratif bersama komunitas dan masyarakat untuk menghimpun gagasan dan menyusun perencanaan jalur sepeda di kota-kota di Indonesia. Melalui proses Call for Proposal, telah terpilih Tim Konsorsium “Mewujudkan Surabaya Ramah Bersepeda”, yang terdiri dari 4 komunitas lokal Surabaya. Sepanjang tahun 2022, Tim Konsorsium dengan supervisi ITDP telah menyelenggarakan rangkaian survei dan proses perencanaan partisipatif, di antaranya dalam bentuk Lokakarya Community Co-design yang dihadiri oleh 20 peserta dari berbagai komunitas dan individu. Bentuk keluaran dari lokakarya ini dikemas menjadi poin-poin Konsensus sebagai rekomendasi percepatan penyelenggaraan infrastruktur sepeda olehPemerintah Kota Surabaya.

 

Urban Transport Talks Series

Dalam rangka mendorong lebih banyak kota-kota di Indonesia yang memulai reformasi sistem transportasi perkotaan dan meningkatkan wawasan dan kapasitas mahasiswa/i di bidang perkotaan tentang transportasi berkelanjutan, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia berkolaborasi dengan ITDP Indonesia,didukung oleh UK Partnering for Accelerated Climate Transitions (UK PACT) dan ClimateWorks Foundation (CWF) menyelenggarakan rangkaian acara bertajuk “Urban Transport Talks” yang dimulai pada bulan Juni 2022 hingga Oktober  2022. 

Gelaran pertama Urban Transport Talks diselenggarakan di Politeknik Transportasi Darat Indonesia – Sekolah Tinggi Transportasi Darat (PTDI – STTD)  pada 21 Juni 2022 dengan tajuk “Jalan untuk Semua”.  Pada 13 Juli 2022 gelaran kedua dilaksanakan di Institut Transportasi dan Logistik Trisakti (ITL Trisakti) dengan tajuk “Masa Depan Transportasi Publik di Indonesia”. Rangkaian terakhir kegiatan ini diselenggarakan di Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan tajuk “Bukan Jakarta”.

 

Perencanaan Mobilitas Inklusif Medan dan Semarang

Sejak 2016, ITDP mendampingi Kota Medan dan Kota Semarang dalam mewujudkan transportasi yang berkelanjutan dan berkeadilan. Pendampingan tersebut berawal dari  penyusunan rekomendasi pengembangan angkutan massal Bus Rapid Transit (BRT) dan non-motorized transportation (kendaraan tidak bermotor).

Pada tahun 2021 hingga 2022, ITDP didukung oleh Internasional Climate Initiative (IKI) menjalankan rangkaian kegiatan bertajuk “Mobilitas Inklusif Kota Medan” dan “Mobilitas Inklusif Kota Semarang”.  Rangkaian kegiatan ini diselenggarakan untuk mendukung Pemerintah Kota Medan dan Kota Semarang dalam menginisiasi dan menerapkan sistem transportasi perkotaan yang rendah karbon dan inklusif. 

Kegiatan ini menghasilkan 5 (lima) dokumen; “Proses Perencanaan Mobilitas Inklusif Kota Medan”, “Rekomendasi Mobilitas Inklusif Kota Medan”, lembar “Konsensus Menuju Medan, Kota untuk Semua”, “Rekomendasi Mobilitas Inklusif Kota Semarang”, dan “Proses Perencanaan Inklusif Kota Semarang”

 

Uji Coba Wayfinding Inklusif Lebak Bulus

ITDP Indonesia didukung oleh UK PACT dan bekerja sama dengan Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Universitas Indonesia, Forum Diskusi Transportasi Jakarta (FDTJ), Gerakan Aksesibilitas Umum Nasional (GAUN), dan Pertuni DKI Jakarta menyelenggarakan “Uji Coba Wayfinding Inklusif Halte Lebak Bulus”, dalam bentuk pemasangan prototipe informasi visual, audio, taktil, dan braille yang dapat dicoba langsung oleh publik pada bulan September hingga Desember 2022. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mendapatkan saran dan masukan terkait prototipe yang dipasang.

Proses implementasi prototipe, saran dan masukan dari publik, serta rekomendasi dari tenaga ahli kemudian dirangkum dalam dokumen “Rekomendasi Menuju Halte Inklusif Transjakarta”, yang telahdiserahkan kepada Direktur Pelayanan dan Pengembangan Transjakarta, Lies Permana Lestari pada gelaran Urban Social Forum, 3 Desember 2022.

 

Subscribe

Sign up for updates on our projects, events and publications.

SIGN UP
Skip to content
Send this to a friend