August 24, 2009

“Bersih-Bersih Halte Busway Bersama Artis Ibukota dan Coca-Cola”

Bersih-Bersih Halte Busway Bersama Artis Ibukota dan Coca-Cola 

[JAKARTA, 22 Januari 2009] TransJakarta atau lebih dikenal dengan sebutan Busway sudah akrab di kehidupan sehari-hari warga kota DKI Jakarta. Dengan kesibukan dan rutinitas sehari-hari, kemacetan dan stres yang ditimbulkan oleh meningkatnya jumlah kendaraan bermotor, membuat warga memilih jalur transportasi massal sebagai solusi berkendara. Selain cepat, aman, dan murah, Busway juga menawarkan kenyamanan seperti menyediakan interior bus yang sangat humanis, ruangan sejuk karena dilengkapi AC modern, dan rendahnya polusi karena menggunakan bahan bakar ramah lingkungan.  

Tingkat kenyamanan yang ada saat ini tentu perlu dipertahankan dan ditingkatkan. Akhir-akhir ini kenyamanan itu sedikit terganggu karena beberapa fasilitas seperti halte terlihat kurang bersih karena kurang disiplinnya para pemakai dalam memperhatikan kebersihan. Oleh karena itu, pada tanggal 25 Januari 2009, dalam rangka memperingati hari Ulang Tahun TransJakarta yang kelima, Coca-Cola for Jakarta bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, BLU TransJakarta dan ITDP berupaya membangun kesadaran masyarakat mengenai pentingnya kebersihan melalui acara bertajuk ”Bersih-Bersih Halte Busway Bersama  Coca-Cola .”  

Acara yang diselenggarakan bertepatan dengan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day ini akan diisi dengan kegiatan membersihkan 5 halte Busway yaitu Halte Gelora Bung Karno, Bendungan Hilir, Dukuh Atas, Bunderan HI, dan Harmoni dengan melibatkan berbagai kalangan mulai dari pelajar SMA, Mahasiswa, komunitas Bike to Work, Greenmap, Jakarta Green Monster, AXIC Community, Marinir, hingga masyarakat umum. Sebagaimana diketahui, Pemprov DKI Jakarta bekerjasama dengan Polda Metro Jaya dan LSM Peduli lingkungan akan tetap melaksanakan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) Rutin Sudirman-Thamrin Tahun 2009 sebagai implementasi dari Perda No.2 Tahun 2005 pasal 27 yang mengamanatkan ”Dalam rangka pemulihan mutu udara ditetapkan Hari Bebas Kendaraan Bermotor pada kawasan tertentu”. 

Dari hasil pelaksanaan HBKB Rutin Sudirman-Thamrin sebanyak 14 kali dalam tahun 2008 dapat diketahui bahwa hasil pengukuran kualitas udara ruas jalan, pelaksanaan HBKB dinilai efektif dalam upaya pemulihan mutu udara di kawasan tertentu, hal ini terlihat dari persentase penurunan konsentrasi pencemaran yang cukup signifikan pada parameter Debu (PM-10), Carbon Monoksida (CO) dan Nitrogen Oksida (NO), dimana ketiga parameter tersebut merupakan pencemar primer yang bersumber dari kendaraan bermotor (dapat dilihat dari diagram dibawah ini) dan pelaksanaan HBKB juga berdampak sosial, dimana menjadi wadah interaksi antara masyarakat, sosialisasi, dan rekreasi bagi masyarakat antara masyarakat.  

Lebih lanjut, Coca-Cola for Jakarta akan menunjukkan sumbangsihnya dengan menempatkan tempat sampah di beberapa titik halte busway sebagai tanda peduli lingkungan. Dan juga tidak ketinggalan, Coca-Cola juga memberikan penunjuk jalan yang baru untuk beberapa halte Busway, dengan maksud memudahkan para pengguna Busway dalam mencari arah tujuan. Acara ini juga akan semakin meriah kareha turut dihadiri oleh artis-artis ternama ibu kota seperti seperti Olga Lidya, Rico Ceper, Defri-Padhyangan, Fadly-Padi, dan beberapa band ternama lainnya. Mereka semua akan dijadikan panutan dan memberi pengaruh bagi masyarakat mengenai pentingnya mencintai kebersihan.  

Selain itu, Coca Cola for Jakarta juga mendukung Program SMS bagi penumpang busway untuk menilai kinerja dari petugas frontliner (tiket, satgas, pramudi) apakah sudah baik atau belum. Pengiriman SMS dapat ditukarkan dengan produk minuman coca-cola. Sebagai bentuk sumbangsih PT Coca-cola dan BLU Transjakarta Busway, diberikan pula penghargaan terhadap petugas frontliner terbaik sebesar Rp. 2 juta tiap bulannya yang akan diberikan secara bergantian selama 1 tahun. 

Makin Diminati

Seperti diketahui, tanggal 15 Januari 2009, moda angkutan massal TransJakarta telah menginjak usia yang kelima. Busway sudah melayani masyarakat Jakarta dan sekitarnya yang membutuhkan angkutan umum yang lebih manusiawi, dan ramah lingkungan. Saat diluncurkan pertama kali, Busway hanya melayani satu koridor yakni Blok M-Kota, Kini setelah lima tahun beroperasi, Busway telah melayani tujuh koridor untuk menghubungkan berbagai tempat di Jakarta.  

Total panjang tujuh koridor yang sudah berjalan hingga saat ini adalah 97,35 kilometer (km) yang dilayani 426 bus yang terdiri dari 23 articulated bus dan 403 single bus. Rinciannya Koridor I (Blok M-Kota) sepanjang 12,9 kilometer dengan jumlah bus 91 unit, Koridor 2 (Pulogadung-Harmoni) sepanjang 14 km dengan 55 bus, Koridor III (Harmoni-Kalideres) sepanjang 19 km dengan 71 bus, Koridor IV (Pulogadung-Dukuh Atas II) sepanjang 11,85 km dengan 48 bus, Koridor V (Kampung Melayu-Ancol) sepanjang 13,5 km dengan 23 bus, Koridor VI (Ragunan-Kuningan) sepanjang 13,3 km dengan 53 bus, dan Koridor VII (Kampung Rambutan-Kampung Melayu) sepanjang 12,8 km dengan 85 bus. 

Pelayanan Busway terhadap masyarakat terlihat meningkat setiap tahunnya. Hal ini diketahui dari jumlah penumpang yang naik secara konstan setiap tahun. BLU TransJakarta Busway mencatat, tahun 2004 jumlah penumpang mencapai 14.924.423 orang, tahun 2005 sebanyak 20.798.196 orang, tahun 2006 sebanyak 38.828.039 penumpang, tahun 2007 meningkat menjadi 61.439.961 orang, dan tahun 2008 naik lagi ke angka 74.619.995 orang. Jika dihitung secara prosentase, jumlah penumpang tahun 2004 meningkat 500 persen atau 5 kali lipat selama lima tahun.  

Alasan masyarakat menggunakan Busway yakni karena cepat sebanyak 30,86 %, nyaman 24,6 %, aman 15,6 %, dan murah 15,5%. “Melihat animo masyarakat yang cukup tinggi dan terus meningkat setiap tahunnya, kami akan meningkatkan pelayanan dan memberikan yang terbaik,” ujar DA Rini, Kepala BLU TransJakarta.  

Kontak Media:

D. Anisa Anindhika, Communication&Media Manager CCBIJl. Teuku Umar Km 46,Cibitung, Bekasi 17520 INDONESI atau 021.99994360Phone: (62-21) 8832 2222Facsimile (62-21) 8833 0171Hp: 0815 11794430  Ratna Yunita, Communication Specialist, ITDP IndonesiaJl. Suryo Pranoto No. 8 Gedung Prasada Sasana Karya, HarmoniPhone: 0811 187 5979Fax: 62.21.63864717

 

Subscribe

Sign up for updates on our projects, events and publications.

SIGN UP
Send this to a friend