February 10, 2012

Tol Bukan Solusi Atas Kemacetan

JAKARTA– Keberadaan jalan tol di Ibu Kota tidak bisa lagi diandalkan untuk mengatasi kemacetan. Keberadaan jalan tol justru merangsang warga untuk menggunakan kendaraan pribadi.

Peneliti Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) Yoga Adiwinarto mengatakan,keberadaan jalan tol sudah tak efektif lagi untuk menguraikemacetansebablalu lintas di jalan bebas hambatan itu juga sering tersendat.Pada prinsipnya, jalan tol itu hanya untuk kepentingan bisnis.“Di mana investor membuat jalan dan mengharapkan keuntungan, sehingga memang secara prinsip jalan tol bukanlah jalan untuk menghindari kemacetan, tapi lebih kepada penyediaan jalur yang tidak memiliki persimpangan,” kata Yoga kemarin.

Dia mengungkapkan, pembayaran saat masuk tol itu digunakan untuk biaya perawatan jalan, ketersediaan penerangan jalan, dan yang paling utama adalah untuk mendapatkan keuntungan.Karena itu, yang harus dipertanyakan adalah jika di dalam jalan tol ada jalan berlubang, ataupun ada penerangan yang tidak maksimal. “Masalahnya pengendara yang masuk tol sudah membayar,”tuturnya.

Selengkapnya : http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/468124/

Subscribe

Sign up for updates on our projects, events and publications.

SIGN UP
Send this to a friend