May 03, 2019

Kunjungan CEO Baru ITDP ke Jakarta

Setelah masa pencarian internasional yang berlangsung  selama sembilan bulan, ITDP akan mengangkat Heather Thompson sebagai Chief Executive Officer (CEO) pada tanggal 15 Oktober 2018. Kehadiran Heather Thompson yang memiliki puluhan tahun pengalaman kerja di sektor nirlaba lingkungan hidup, memperkaya upaya ITDP dalam menciptakan kota-kota yang berkelanjutan, baik secara ekonomi maupun sosial yang ramah lingkungan.

 

Setelah tahun lalu mengunjungi field office ITDP yang tersebar di beberapa negara dan juga sempat mengunjungi field office Indonesia di Jakarta sebagai interim CEO, pada tahun 2019 ini, Heather kembali mengunjungi Jakarta dalam perannya sebagai CEO ITDP yang telah resmi menjabat. Heather berkunjung ke Jakarta selama 1 minggu; bertemu dengan para pemangku kepentingan di Provinsi DKI Jakarta, mengeksplor sistem transportasi publik di Jakarta dan mengunjungi pilot project Kampung Kota Bersama, RW01 Sunter Jaya serta memaparkan Strategi Mobilitas Perkotaan Ramah Lingkungan dalam acara diskusi publik di atamerica.

 

Berkunjung ke Sunter Jaya 

Program Kampung Kota Bersama yang mendapatkan atensi luar biasa, menjadi pembuka kegiatan Heather di Jakarta. Didampingi Deliani Siregar (Anggi) dan Fani Rachmita, koordinator program Kampung Kota Bersama, Heather menelusuri gang-gang percontohan di RW01 Sunter Jaya yang sudah mengalami penataan partisipatif-kolaboratif dalam perihal aksesibilitas dan ruang publik. Ia sangat antusias mengikuti rute sambil berdiskusi dan sesekali berinteraksi dengan warga yang ditemui di sepanjang jalan.

 

Audiensi dengan Pemangku Kepentingan di Provinsi DKI Jakarta 

Dalam kunjungannya ke Jakarta tahun ini, Heather menemui para pemangku kepentingan di DKI Jakarta untuk berdiskusi dan bertukar pikiran tentang bagaimana mewujudkan kota humanis, inklusif dan berkelanjutan. Heather mengapresiasi terobosan-terobosan yang dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang mulai melakukan beragam kebijakan yang memprioritaskan manusianya ketimbang kendaraan bermotor.

Integrasi antarmoda transportasi di Jakarta menjadi catatan penting dari Heather yang mendukung adanya integrasi lanjutan antara Transjakarta dan MRT Jakarta Fase 2 serta LRT nantinya. Selain itu, ia juga mengapresiasi pertumbuhan Transjakarta sebagai moda angkutan umum andalan masyarakat dan Jakarta dan upaya Transjakarta untuk menggunakan bus elektrik di masa depan.

 

Diskusi Publik Strategi Mobilitas Perkotaan Ramah Lingkungan 

Pengalaman berkerja di bidang lingkungan hidup selama beberapa dekade, menjadikan Heather narasumber yang kompeten membicarakan mengenai mobilitas ramah lingkungan termasuk di antaranya elektrifikasi. Dalam paparannya, Heather membagi pengalaman dan pemikirannya mengenai strategi efisien dan taktis untuk sebuah kota apabila ingin mengimplementasikan mobilitas ramah lingkungan. Heather mengingatkan, dalam usaha untuk membuat transportasi ramah lingkungan diperlukan strategi yang berkesinambungan dan tidak hanya dengan satu cara.

“Upaya elektrifikasi kendaraan baik transportasi umum dan kendaraan bermotor pribadi merupakan inisiatif yang patut diacungi jempol, namun elektrifikasi hanya akan menyelesaikan satu masalah saja. Karenanya, strategi “Avoid, Shift dan Improve” bisa menjadi solusi yang tepat guna untuk mewujudkan mobilitas perkotaan ramah lingkungan,” papar Heather dalam presentasinya.

Tidak hanya Heather yang antusias membagikan pemikirannya, para peserta yang menghadiri diskusi terbuka ini tak kalah antusias bertanya ketika sesi tanya-jawab dibuka. Pun setelah acara selesai, para peserta tidak langsung beranjak dari tempat acara. Networking dan diskusi mengenai topik paparan berlanjut hingga venue ditutup sepenuhnya. Diskusi publik ini menjadi penutup kegiatan Heather di Jakarta, Heather berharap, dalam 5 tahun ke depan akan ada perubahan signifikan baik dalam segi infrastruktur dan juga pola perjalanan warga di Jakarta terutama dalam hal transportasi non-bermotor seperti berjalan kaki dan bersepeda.

Paparan Heather Thompson: Sparking Change in Indonesia Energy – A Low-Carbon Strategy for Urban Mobility

 

Subscribe

Sign up for updates on our projects, events and publications.

SIGN UP
Skip to content
Send this to a friend