July 19, 2012

Pembangunan Jalan Layang Khusus Transjakarta Bukan Prioritas

Jurnas.com | PEMBANGUNAN jalan layang khusus bus transjakarta dinilai bagus, namun saat ini, optimalisasi pelayanan koridor-koridor yang ada dianggap lebih penting saat ini. "Kontroversi akan lebih banyak soal jalan layang ketimbang menambah kapasitas bus transjakarta." Demikian dikatakan Direktur ITDP (Institute for Transportation and Development Policy), Yoga Adiwinarto, dalam Temu Unsur Dewan Transportasi Kota Jakarta, Rabu (18/7).

Optimalisasi pelayanan, menurut dia, di antaranya dengan menambah jumlah armada, memperbaiki suplai bahan bakar dan memperpanjang halte, serta pengadaan jalur untuk menyusul. Dampaknya akan lebih terasa di masyarakat yang membutuhkan kenyamanan dalam transportasi. "Masyarakat akan lebih happy kalau busnya banyak. Image kota Jakarta juga akan lebih bagus,"imbuhnya.

Menurut Yoga, membangun jalan layang khusus bagi bus transjakarta bukan perkara mudah. Sebab akan menambah beban biaya operasional. "Operasional jalan layang lebih tinggi. Itu harus direspon dengan menambah penumpang lebih banyak,"tuturnya.

Sementara itu Direktur Instran (Institut Studi Transportasi) Darmaningtyas mengatakan optimalisasi pelayanan koridor yang ada adalah hal yang berbeda dengan pengadaan jalur khusus untuk transjakarta.

Source:

http://www.jurnas.com/news/66608/Pembangunan_Jalan_Layang_Khusus_Transjakarta_Bukan_Prioritas/1/Ibu_Kota/Metropolis

Subscribe

Sign up for updates on our projects, events and publications.

SIGN UP
Send this to a friend