September 21, 2018

PARK(ing) Day 2018: Mengambil alih Ruang Parkir Selama 60 Menit

PARK(ing) Day adalah sebuah momentum dimana warga kota dunia menyerukan kampanye untuk menuntut kembali ruang publik di perkotaan yang lebih banyak digunakan sebagai lahan parkir.

Di berbagai kota di dunia yang dibangun dengan perencanaan car-centric (berpusat pada kendaraan bermotor), pemanfaatan ruang kosong menjadi lahan parkir adalah pemandangan yang lazim, termasuk di Jakarta dan kota besar lain di Indonesia. Padahal, di lahan parkir pada bidang bahu jalan (rata-rata) seluas 2 x 5 meter, cukup untuk 1 unit mobil Sub-urban Utility Vehicle (SUV), banyak kegiatan dengan interaksi sosial yang tinggi yang dapat dilakukan hanya dalam 1 jam saja!

 

Reclaiming People Space! 

ITDP Indonesia mencoba mengambil alih parkir on-street di kawasan Menteng, Jakarta Pusat dan mencoba melakukan beberapa kegiatan dalam 1 jam (60 menit). Dalam kurun waktu 60 menit, kami dapat melakukan kegiatan perniagaan, rekreasi, interaksi sosial hingga olahraga! Di ruang parkir seluas 2 x 5 meter ini, dapat diokupansi oleh total 30 orang dan membuka peluang perniagaan dengan 3 pelaku usaha. Tak hanya itu, di ruang “terbatas” ini, kami bahkan bisa berolahraga selama 20 menit, setara dengan 300 kalori per-orang.

Selama 60 menit itu juga, kami mencoba memarkir 4 buah sepeda (ketika berbagi ruang dengan orang). Apabila tidak berbagi ruang dengan orang, ruang parkir ini bisa menampung 8 hingga 10 sepeda sekaligus!

 

Momen Untuk Mengubah Mindset

PARK(ing) Day merupakan media sosialisasi yang berfokus pada nilai sebuah ruang. Dimana selama ini, ruang-ruang untuk kendaraan bermotor lebih banyak mendapatkan porsi dibanding ruang yang diperuntukkan untuk manusia. Tak heran bila warga kota mulai merasa kehilangan terbuka untuk berinteraksi dan kota sebagai wadah untuk mempertemukan warga juga perlahan kehilangan fungsinya. Momen PARK(ing) Day ini sudah seharusnya menjadi saat yang tepat baik bagi warga maupun pemerintah untuk mengubah mindset dari kota yang dibangun berpusat pada kendaraan menjadi kota untuk manusianya, city for people! 

 

Share foto dan video kamu dan teman-temanmu mengambil alih ruang parkir di kotamu lewat #ParkingDay2018 di social media. Jangan lupa untuk tag kami di Twitter, Instagram dan Facebook. 

 

Subscribe

Sign up for updates on our projects, events and publications.

SIGN UP
Translate »
Skip to content
Send this to a friend