February 11, 2019

FAQ: Relawan Kampung Kota Bersama

Peran serta masyarakat menjadi kunci terwujudnya kampung kota yang ramah pejalan kaki. Tak hanya melibatkan warga kampung, program ini juga mengajak masyarakat kota untuk terlibat membantu meningkatkan aksesibilitas kampung kota dengan mengikuti program Relawan Kampung Kota Bersama.

 

FAQ

1. Apakah relawan kampung dibayar?

Tidak, Relawan Kampung Kota Bersama adalah kegiatan sukarela. 

 

2. Apakah kegiatan relawan kampung ini bersifat full-time?

Tidak. Relawan kampung nantinya akan dibuatkan tim kecil yang akan membantu proses di 2-3 RW dan penjadwalan dapat didiskusikan dengan tim dan jadwal kegiatan warga.

 

3. Apa saja peran relawan?

  • Mendampingi masyarakat dalam setiap tahapan;
  • Memfasilitasi diskusi yang diselenggarakan warga kampung;
  • Membantu proses pemetaan kampung;
  • Membantu pendokumentasian program kegiatan; dan
  • Melakukan scoring kawasan.

 

 

4. Apakah saya harus ahli?

Tidak. Sebelum memulai pendampingan ke warga, para relawan terpilih akan mendapatkan pelatihan teknis yang diselenggarakan oleh ITDP Indonesia. Meskipun demikian, kami sangat mengharapkan para tenaga ahli untuk turut dalam kegiatan relawan kampung Jakarta Utara ini.

 

5. Apakah saya harus memiliki latar belakang terkait tata kota?

Tidak harus. Kegiatan ini terbuka bagi siapa saja yang tertarik dengan isu aksesibilitas dan kampung kota dari berbagai macam latar belakang.

 

6. Apakah relawan kampung hanya berkegiatan pada akhir pekan?

Tidak selalu di akhir pekan. Sebagai gambaran, pada masa pengumpulan data, kegiatan bisa terjadi 1-3x relawan dibutuhkan hadir di kampung setiap pekannya. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa kegiatan warga yang terjadi di hari kerja pada waktu pagi hari (misal posyandu, posbindu, jumantik, dkk), di hari kerja pada waktu malam hari (misal arisan bapak-bapak, pengajian, rapat karang taruna, dkk), dan pada akhir pekan (misal kerja bakti, arisan PKK, dkk).

 

7. Di manakah lokasi kampung yang dimaksud?

Di Jakarta Utara. Saat ini terdapat kurang lebih 30 RW yang telah diusulkan oleh kecamatan dan sedang dalam tahap verifikasi. Adapun daftar usulan lokasi dapat dilihat pada artikel berikut ini:

http://jakarta.tribunnews.com/2019/02/06/ditargetkan-rampung-akhir-tahun-program-kampung-kota-bersama-buka-peluang-untuk-csr?page=2

 

8. Saat ini saya sedang bekerja, apakah mungkin saya bergabung menjadi relawan kampung?

Mungkin. Sesuai dengan pertanyaan nomor 1 dan 6, masing-masing relawan dapat mengatur jadwal kelompok yang disesuaikan dan dikomunikasikan ke warga. Dengan demikian, pendampingan dapat terjadi secara maksimal. Kami juga mengharapkan komitmen para relawan setelah menyepakati jadwal yang telah ditetapkan. 

 

9. Saat ini saya sedang menyusun skripsi/tesis/disertasi dengan tema yang berhubungan, apakah boleh saya menjadikan kegiatan ini/program ini/lokasi ini sebagai bahan saya?

Boleh. Kami mempersilakan bagi para relawan yang ingin menjadikan kegiatan ini sebagai bahan skripsi atau tugas perkuliahan lainnya dan diharapkan dapat mengonfirmasi perihal ini terlebih dahulu. 

 

10. Bolehkah saya dan teman-teman saya mendaftar sebagai komunitas?

Boleh. Kami sangat mengapresiasi rekan-rekan komunitas untuk turut bergabung sebagai relawan kampung. Silakan menghubungi deliani.siregar@itdp.org untuk informasi lebih lanjut.

 

Subscribe

Sign up for updates on our projects, events and publications.

SIGN UP

Deprecated: Creation of dynamic property OMAPI_Elementor_Widget::$base is deprecated in /sites/itdp-indonesia.org/files/wp-content/plugins/optinmonster/OMAPI/Elementor/Widget.php on line 41
Send this to a friend