April 05, 2020

Panduan & Rekomendasi

Berbagai institusi transportasi dunia menggelar beragam webinar dan merilis tulisan dalam rangka membagi pengalaman yang dilakukan dan dialami oleh kota-kota dan para operator transportasi publik selama masa pandemik ini. Halaman ini akan terus diperbaharui.


Transport Matter: Post-Pandemic, Chinese Cities Gradually Reopen Transport Networks

Blog rilisan ITDP ini menceritakan bagaimana perubahan pola perjalanan warga kota di Tiongkok setelah melalui masa krisis Covid-19. Dan bagaimana dampaknya pada sistem transportasi kota-kota di Tiongkok secara keseluruhan. Selengkapnya dapat dibaca di sini.

Transport Matter: As the Impacts of Coronavirus Grow, Micromobility Fills in the Gaps

Blog rilisan ITDP ini membeberkan definisi micromobility sebagai transportasi yang dapat diandalkan. Tidak hanya dalam masa krisis Covid-19, namun juga keseluruhan strategi ketahanan (resilience) sebuah kota, baik itu pandemik global, bencana alam, kualitas udara dan efek lain dari perubahan iklim, kota-kota di dunia harus mempunya strategi bagaimana caranya agar kota tetap dapat bergerak. Karenanya opsi mobilitas harus sebanyak-banyaknya tersedia termasuk micromobility. Selengkapnya dapat dibaca di sini.

Webinar: Combating COVID 19 The Shenzhen Bus Group’s experience

Joe Ma, Deputy General Manager Shenzhen Bus Group (SZBG) membagi pengalaman perusahaannya dalam menangani tantangan-tantangan yang muncul selama masa pandemik. Dari strategi kerja kelompok untuk pencegahan virus, kelengkapan alat medis dan sanitasi, alur komunikasi para staf dan media serta secara sikap mereka secara organisasi dalam mendukung para frontliners dalam menghadapi virus ini. Webinar ini dapat disaksikan di sini.

Webinar: Tactical Urbanism as COVID 19 Response

Mike Lydon, inisiator The Open Streets Project menjelaskan apa itu Tactical Urbanism dan bagaimana kota-kota di dunia dapat dan berdayagunakan teknik ini dalam merespon krisis global. Dan Laura Bahamón, Bicycle Manager untuk kota Bogota, membeberkan strategi Bogota dalam mengkonter efek COVID-19, termasuk strategi sepeda dan transportasi publik juga kebijakan-kebijakan lainnya. Webinar ini dapat disaksikan di sini

The COVID-19 outbreak and implications to sustainable urban mobility – some observations

TUMI (Transformative Urban Mobility Initiative) merilis halaman observasi terkait mobilitas perkotaan selama pandemik Covid-19. Selengkapnya dapat dibaca di sini.

ADB’s Blog: Let’s Use the Pandemic to Expand Our Transport Options

Llyod Wright, Senior Urban Development Specialist (Transport) Asian Development Bank (ADB) merilis tulisan bagaimana pandemik Covid-19 mengubah work-from-home mengubah mobilitas penduduk dunia dan membuat berjalan kaki dan bersepeda sebagai moda utama. Selengkapnya dapat dibaca di sini.

Subscribe

Sign up for updates on our projects, events and publications.

SIGN UP
Send this to a friend