December 05, 2022

Hari Disabilitas Internasional 2022: Inclusive Public Transport by Design

Jakarta, 3 Desember 2022 – Urban Social Forum (USF) merupakan sebuah agenda tahunan berbentuk ruang terbuka dan inklusif untuk berdiskusi tentang gagasan, pengalaman dan pengetahuan, serta ruang bertemu dan berjejaring aktivis sosial urban dan organisasi yang bergiat di isu-isu perkotaan di Indonesia. 

Pada tahun ini, Urban Social Forum diadakan di Jakarta untuk pertama kalinyadan, ITDP Indonesia  ambil bagian menjadi mitra diskusi dengan menyelenggarakan panel diskusi bertajuk Inclusive Public Transport by Design. Panel ini merupakan acara lanjutan dari rangkaian kegiatan Hari Disabilitas Internasional 2022 berupa uji coba wayfinding inklusif Transjakarta.  

Panel ITDP Indonesia di Urban Social Forum 9 menghadirkan pembicara yaitu, Annisa Dyah Lazuardini, Visual and Urban Design Associate ITDP Indonesia, David Tjahjana, Accessibility Advisor GAUN, Lies Permana Lestari, Direktur Pelayanan dan Pengembangan PT Transportasi Jakarta, yang dimoderatori oleh Deliani Poetriayu Siregar, Sr. Urban Planning, Gender & Social Inclusion Associate ITDP Indonesia. 

Selain itu, hadir pula sebagai penanggap Adriansyah Yasin, Co-Founder FDTJ, Nevine Rafa Kusuma, Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia (UI), Maria Renny, Program Manager British Embassy Jakarta, Rahmat Susilo, Kasubdit Integrasi Prasarana Transportasi BPTJ, dan Eka Setiawan, PETUNI Jakarta.

Panel ini diakhiri dengan penyerahan dokumen bertajuk “Rekomendasi Menuju Halte Inklusif Transjakarta” yang disusun oleh ITDP Indonesia didukung oleh UK PACT, Gerakan Aksesibilitas Umum Nasional (GAUN), Forum Diskusi Transportasi Jakarta (FDTJ) bersama Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia, dan PERTUNI Jakarta, resmi diserahkan kepada Direktur Pelayanan dan Pengembangan Transjakarta, Lies Permana Lestari.

Dokumen “Rekomendasi Menuju Halte Inklusif Transjakarta” ini mencakup hasil audit aksesibilitas layanan transportasi publik Jabodetabek (Transjakarta, MRT Jakarta, LRT Jakarta dan Commuter Line KRL) pada tahun 2020 hingga 2021, serta proses uji coba wayfinding inklusif halte Transjakarta Lebak Bulus pada tahun 2022 yang dimulai sejak bulan Juli. 

Pre-event Urban Social Forum: Ekspedisi Lapangan

Sebelumnya, pada tanggal 20 November 2022, ITDP Indonesia dan Transjakarta mengadakan kegiatan survei dan audit prototipe Uji Coba Wayfinding Inklusif Transjakarta yang dibuka untuk publik. Dalam kegiatan ini, sebanyak 26 peserta, termasuk disabilitas netra, pengguna kursi roda dan teman tuli mengunjungi halte Transjakarta Kebon Jeruk yang diklaim sebagai halte inklusif serta halte Lebak Bulus yang menjadi “laboratorium” dalam memformulasikan prototipe desain wayfinding inklusif. 

Sepanjang perjalanan, peserta diajak untuk mencoba dan mengaudit prototipe fitur wayfinding dan juga desain pendukung seperti; informasi visual dan audio di pintu peron, area tap kartu taktil, informasi braille di handrail gate halte, informasi visual dan braille di bus stop Mikrotrans dan bus low-deck. Kegiatan ini berakhir di halte Transjakarta CSW dengan diskusi bersama  Direktur Layanan dan Pengembangan Bisnis Transjakarta, Kepala Manajemen Fasilitas Integrasi Transjakarta, dan Kepala Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak DKI Jakarta. 

Dengan berakhirnya Urban Social Forum 9, berakhir pula rangkaian acara memperingati Hari Disabilitas Internasional 2022 . iharapkan proses uji coba yang berjalan sejak bulan Agustus 2022 dan penyerahan dokumen Rekomendasi Menuju Halte Inklusif Transjakarta dapat menjadi basis dan panduan dalam menyelenggarakan halte yang lebih ramah bagi kelompok rentan utamanya disabilitas. Kepastian pelibatan pengguna dan tenaga ahli dalam proses perencanaan, implementasi dan evaluasi menjadi langkah awal yang penting dalam proses ini. 

Baca selengkapnya: Press release Hari Disabilitas Internasional 2022: Penyerahan Dokumen “Rekomendasi Menuju Halte Inklusif Transjakarta”

Subscribe

Sign up for updates on our projects, events and publications.

SIGN UP

Deprecated: Creation of dynamic property OMAPI_Elementor_Widget::$base is deprecated in /sites/itdp-indonesia.org/files/wp-content/plugins/optinmonster/OMAPI/Elementor/Widget.php on line 41
Send this to a friend