March 24, 2024

ITDP Indonesia Menjadi Knowledge Partner untuk Bootcamp CENS UI 2024

ITDP Indonesia secara resmi menjadi knowledge partner kegiatan CENSU UI 2024 yang mengangkat tema “From Blueprint to Adventure: Civil Engineering Role in Sustainable Tourism”. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan dalam kolaborasi ini adalah bootcamp yang merupakan salah satu tahapan seleksi untuk kompetisi Innovative Essay Competition CENS UI.  Annisa Dyah Lazuardini, Urban and Visual Design Associate II, dan Ajani Raushanfikra Urban Planning and Design Assistant ITDP Indonesia menjadi narasumber dan mentor untuk acara bootcamp CENS UI 2024.

Pada hari pertama, Annisa dan Wiwik Mahdayani, Direktur Desma Center memberikan presentasi tentang transportasi berkelanjutan sebagai dasar pendukung terwujudnya pariwisata berkelanjutan dan pengembangan destinasi wisata dalam tiga aspek; lingkungan, ekonomi, dan budaya, sebelum dimulainya kegiatan bootcamp. Wiwik menjelaskan studi kasus tentang pengembangan desa wisata menggunakan framework eco tourism dalam presentasinya. Sedangkan, Annisa menjelaskan studi kasus optimalisasi pariwisata perkotaan di kawasan Kota Lama Semarang melalui pengembangan mobilitas berkelanjutan. Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan sesi mentoring melalui breakout room oleh para mentor. Di sesi mentoring ini, para peserta kelompok berdiskusi tentang analisis STEEP (Social, Technological, Environmental, Economic, and Political) beserta ide solusi dari studi kasus yang telah diberikan.Pada hari kedua, setiap kelompok mempresentasikan pembahasan studi kasus yang telah mereka buat kepada juri mentor yang hadir pada hari pertama.

Pengumuman pemenang CENS UI 2024 direncanakan akan dilakukan pada bulan April mendatang, berdasarkan penilaian dari esai yang disusun serta kegiatan CENS UI lainnya yang masih berlangsung.

Subscribe

Sign up for updates on our projects, events and publications.

SIGN UP
Skip to content
Send this to a friend