Berdasarkan diskusi antara ITDP Indonesia dan Bike2Work Indonesia, untuk mengimplementasikan konsep Bike on Board, ada empat hal yang harus menjadi perhatian utama: Dampak terhadap alur pejalan kaki pada saat jam sibuk, melihat euforia pesepeda sepertinya akan besar jika fitur seperti ini dibuka untuk publik, harus diimplementasi secara menyeluruh Pengaturan sirkulasi pesepeda perlu dibuat tegas, jelas,…
Topic: Cycling and Walking
Review ini dibuat berdasarkan hasil uji coba akses sepeda non-lipat ke dalam MRT Jakarta yang dilaksanakan pada tanggal Senin 22 Maret 2021, jam 13.00 WIB di Stasiun MRT Bundaran HI dan Lebak Bulus. Kegiatan juga dihadiri oleh beberapa komunitas sepeda di DKI Jakarta, antara lain: Komunitas Sepeda MTB Federal Komunitas Sepeda Tua/ Onthel Komunitas Sepeda…
Penyediaan sistem sepeda sewa harus dipandang secara utuh dalam rangka integrasi penyediaan jaringan transportasi umum perkotaan. Sepeda sewa berperan sebagai pilihan moda pergerakan mikro (micro mobility) untuk bertransit menggunakan transportasi umum. Berbagai keuntungan dapat diperoleh dengan mengintegrasikan sistem sepeda sewa dengan transportasi umum dalam rangka penyelenggaraan transportasi multimodal.
Semua perjalanan dengan sepeda memiliki tiga tahapan: Menyimpan sepeda di rumah Mengendarai sepeda di jalur sepeda Memarkir sepeda di lokasi tujuan Dengan demikian, adanya fasilitas parkir sepeda yang aman dan aksesibel sangat diperlukan untuk mewujudkan fasilitas pesepeda yang utuh. (NMT National Vision, 2020)
How to scale tactical urbanism using lessons from the Global South In the current context of the COVID-19 pandemic, various forms of long term lockdown or shelter-in place orders have limited non-essential travel and resulted in some of the lowest vehicle volumes in decades. Recognizing that people still need (and want) to move around, cities…
Terutama selama masa pandemi, terdapat peningkatan jumlah pengguna sepeda yang cukup signifikan di sepanjang ruas Sudirman – Thamrin, bahkan hingga mencapai 1000% di titik area Dukuh Atas. Jalur sepeda Sudirman – Thamrin juga memiliki cakupan yang luas dikerankan kepadatan penduduk yang tinggi dan integrasi dengan jaringan transportasi publik yang memerlukan first and last mile connection…
Sumber daya untuk kota-kota untuk merancang, merencanakan, mengimplementasikan sertamengukur keberhasilan sistem bikeshare Selama beberapa dekade terakhir, bikeshare telah memberikan kontribusi signifikan terhadap mobilitas berkelanjutan di kota-kota, beberapa manfaatnya antara lain: menyediakan solusi kilometer pertama-terakhir, menggantikan perjalanan singkat yang biasa dilakukan dengan kendaraan bermotor, dan menawarkan cara yang unik bagi penduduk dan wisatawan untuk menjelajahi lingkungan…
Teknologi baru dan model bisnis inovatif telah mengubah lanskap bikeshare. Sistem dockless bikeshare meningkatkan visibilitas dan menempatkan sepeda perkotaan dalam berbagai kota di seluruh dunia. Perusahaan dockless bikeshare mengklaim untuk menyediakan bikeshare secara menguntungkan bagi pihak kota (yaitu, tanpa subsidi) dan menciptakan potensi bagi bikeshare untuk menjadi pilihan transportasi yang cepat terukur di kota-kota. Namun, pertanyaan baru mulai muncul: Dapatkah sebuah…
Pada bulan April 2019, ITDP Indonesia menyelenggarakan acara bertajuk community design workshop “Jakarta Bike-friendly City”, sebuah lokakarya dengan pendekatan partisipatif kolaboratif yang melibatkan warga Jakarta pengguna sepeda dan non-sepeda untuk merumuskan elemen-elemen apa saja yang diperlukan untuk mencapai “Jakarta Ramah Bersepeda”. Mengacu kepada prinsip ideal kota ramah bersepeda, saat ini DKI Jakarta masih menghadapi berbagai…