Topic: Cycling and Walking

Semakin tingginya jumlah perjalanan akibat tingginya ketersediaan pekerjaan di daerah pusat perkotaan, jalan perkotaan seharusnya dapat didistribusikan secara adil untuk penggunanya yang memprioritaskan pejalan kaki, pesepeda, dan transportasi publik. Di Indonesia secara umum, tugas perencanaan dan pembangunan infrastruktur pejalan kaki dan pesepeda terbagi dalam dua dinas teknis utama yakni Dinas Perhubungan dan Dinas Bina Marga…

Sejak tahun 2020 dengan adanya peningkatan jumlah pesepeda pada PSBB, terutama di kawasan Dukuh Atas, Pemerintah DKI Jakarta berkolaborasi dengan berbagai komunitas dan para ahli dengan meningkatkan infrastruktur sepeda untuk mendukung sepeda sebagai moda transportasi tanpa emisi. Namun, implementasi jalur sepeda belum sesuai dengan kebutuhan kelompok rentan, terutama perempuan dan anak-anak yang masih memiliki hambatan…

Pada tahun 2022, Jakarta menargetkan net zero emission pada tahun 2050 dan penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) sebesar 30% pada tahun 2030 yang diatur dalam Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta 90 tahun 2021. Dalam Pergub tersebut tercantum rencana aksi khusus yang dinamakan “Pengarusutamaan Pejalan Kaki dan Pesepeda” di mana pembangunan jalur sepeda harus disertai…

Sebagai langkah awal, ITDP Indonesia dan Tim Konsorsium Surabaya Kota Ramah Bersepeda menyelenggarakan rangkaian kegiatan Lokakarya Community Co-design “Menuju Surabaya Kota Ramah Bersepeda”, yang menitikberatkan pada partisipasi masyarakat, sebagai pengguna dan calon pengguna, dalam mewujudkan kota yang ramah bersepeda dengan tujuan: Mendapatkan persepsi masyarakat terkait kota yang ramah bersepeda; Mengidentifikasi permasalahan dan tantangan yang ditemukan…

Booklet ini diterbitkan pada gelaran World Bicycle Day 2023, sebagai bentuk sosialisasi Jalur Sepeda Jakarta.

This report is to produce guidance on improvements that can be implemented in terms of efficient and clean mobility in Krabi. The improvements area in the area of the prioritization of walking, cycling, and public transport. In this assignment, ITDP focuses on public transport improvement, and ideas for prioritizing non-motorized transport (NMT), such as walking…

This report is to produce guidance and direction for improvements to achieve green transport and low-carbon mobility in Banda Aceh. In order to move forward with more efficient mobility, the city should put effort into and prioritize the choice of more sustainable and eco-friendly transport for the local residents. In this assignment, ITDP will focus…

This report will provide guidance and detailed plans to improve walking and cycling facilities in creating Patong as a walkable city. The walkways in Patong would be universally accessible and connected. To reduce high dependency on private vehicles such as motorcycles and taxis, guidance on a series of measures to provide good and reliable public…

Dokumen ini merangkum kolaborasi ITDP Indonesia dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta periode 2017 hingga 2022. Dokumen ini berisi proses, data, intisari dari peningkatan infrastruktur pejalan kaki dan pesepeda serta layanan transportasi publik selama 5 tahun.

Subscribe

Sign up for updates on our projects, events and publications.

SIGN UP