Warning: filemtime(): stat failed for /sites/itdp-indonesia.org/files/wp-content/themes/itdp/includes/js/jquery.fancybox.min.js in /sites/itdp-indonesia.org/files/wp-content/themes/itdp/includes/fn-core.php on line 223

Warning: filemtime(): stat failed for /sites/itdp-indonesia.org/files/wp-content/themes/itdp/css/jquery.fancybox.min.css in /sites/itdp-indonesia.org/files/wp-content/themes/itdp/includes/fn-core.php on line 244

December 12, 2023

Diseminasi Hasil Studi Percepatan Mobilitas Perkotaan Ramah Lingkungan di Kota Medan

ITDP Indonesia didukung oleh ClimateWorks Foundation melakukan studi Percepatan Mobilitas Perkotaan Ramah Lingkungan di Kota Medan sepanjang tahun 2022-2023 sebagai penyelarasan berbagai rencana pembangunan di Kota Medan yang salah satunya adalah pembangunan Bus Rapid Transit (BRT).

(Kiri ke kanan) Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan, Iswar Lubis, Direktur Interim ITDP Indonesia, Gonggomtua E. Sitanggang, dan Direktur Direktorat Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan, Iman Sukandar.

Pada 30 November 2023, ITDP Indonesia menyerahkan kedua dokumen Laporan Peningkatan Aksesibilitas Bus Rapid Transit (BRT) di Kota Medan dan Panduan Evaluasi Pilot Bus Listrik di Indonesia yang diwakili oleh Direktur Interim ITDP Indonesia, Gonggomtua E. Sitanggang, kepada Iswar Lubis, Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan selaku perwakilan Pemerintah Kota Medan dan Kepala Subdirektorat Angkutan Kota, Direktorat Angkutan Jalan,Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan, Iman Sukandar. Gonggom menjelaskan bahwa output dari kedua dokumen tersebut adalah penyelarasan berbagai rencana pembangunan BRT Mebidang dan pedoman evaluasi ketika Pemerintah Kota Medan hendak menjalankan uji coba bus listrik yang merupakan bagian dari implementasi BRT ini.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan, Iswar Lubis, menyampaikan pemaparan.

Iswar menambahkan, Pemerintah Kota Medan sangat mengapresiasi ITDP Indonesia yang telah turut serta berkolaborasi menyusun kajian Percepatan Mobilitas Perkotaan Ramah Lingkungan di Kota Medan yang dapat menjadi acuan untuk mengatasi permasalahan kemacetan dan peningkatan emisi dari penggunaan kendaraan bermotor pribadi melalui pengembangan moda transportasi publik, berjalan kaki, dan bersepeda. Hal ini selaras dengan  Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Medan tahun 2006-2025 dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Medan Tahun 2021-2026.

Mega Primatama, Urban Planning Associate dan Vinensia Nanlohy, Public Transport and Electrification Associate menyampaikan pemaparan terkait dua dokumen; “Rekomendasi Peningkatan Aksesibilitas BRT di Kota Medan” dan “Dokumen Panduan Evaluasi Pelaksanaan Pilot Bus Listrik di Indonesia."

Sesi selanjutnya adalah pemaparan dua dokumen yang disampaikan oleh Mega Primatama, Urban Planning Associate II dan Vinensia Nanlohy, Public Transport and Electrification Associate II. Mega menyampaikan bahwa dokumen “Rekomendasi Peningkatan Aksesibilitas BRT di Kota Medan” disusun berdasarkan survei lapangan pada tahun 2022 hingga 2023 dan kegiatan Forum Group Discussion (FGD) dengan melibatkan instansi-instansi pemerintah dan swasta terkait seperti Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Medan, Dinas Perhubungan Kota Medan, Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi Kota Medan, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Penataan Ruang Kota Medan, dan PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional I Sumatera Utara. Terkait “Dokumen Panduan Evaluasi Pelaksanaan Pilot Bus Listrik di Indonesia,” Vinensia memaparkan bahwa dokumen yang disusun dapat menjadi panduan untuk kota-kota di Indonesia termasuk Medan dalam mengoperasikan bus listrik karena berisi pembelajaran-pembelajaran serta evaluasi dari penerapan bus listrik di Jakarta dan secara global.

Kedua dokumen ini diharapkan dapat membantu  Pemerintah Kota Medan dalam mengimplementasikan berbagai rencana pembangunan transportasi berkelanjutan dan berkeadilan untuk semua.

Seluruh tamu dan panitia rangkaian acara "Diseminasi Hasil Studi Percepatan Mobilitas Perkotaan Ramah Lingkungan di Kota Medan."

Subscribe

Sign up for updates on our projects, events and publications.

SIGN UP

Deprecated: Creation of dynamic property OMAPI_Elementor_Widget::$base is deprecated in /sites/itdp-indonesia.org/files/wp-content/plugins/optinmonster/OMAPI/Elementor/Widget.php on line 41
Send this to a friend