December 28, 2023

Refleksi Akhir Tahun: 2023

Sepanjang tahun 2023, ITDP Indonesia bersama para kolaborator, terus melakukan upaya untuk mendorong terciptanya transportasi perkotaan yang berkelanjutan dan berkeadilan. Berikut sembilan sorotan kegiatan ITDP Indonesia bersama para kolaborator di tahun 2023.

Dokumentasi Evaluasi Program Buy-the-Service Teman Bus di Indonesia

ITDP Indonesia mendokumentasikan program Buy-the-Service (BTS) Teman Bus dari Kementerian Perhubungan yang telah diimplementasikan sejak tahun 2020, guna mengetahui kinerja program BTS di 10 kota di Indonesia dan memberikan rekomendasi agar kinerja layanan dapat ditingkatkan dan berkelanjutan. Rekomendasi yang dikeluarkan dari analisis ini mencakup berbagai aspek terkait perbaikan dari implementasi saat ini serta pemilihan kota baru untuk program BTS.

 

 

Evaluasi Fasilitas Penyeberangan ITDP x Kompas

Tim Megapolitan, Produk, dan Visual Interaktif Kompas (VIK) Kompas.com bersama Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) meriset pengalaman warga memakai fasilitas penyeberangan untuk menunjukkan kemampuan kota mendukung aktivitas dasar warga: berjalan kaki.

Kami menyurvei 212 orang secara daring, mewawancarai secara mendalam pengalaman 40 orang dari berbagai kalangan, melakukan observasi selama tiga minggu di lima lokasi yang tersebar di lima kota administratif di DKI Jakarta.

Hasil riset mengungkap, masih banyak warga yang ketar-ketir saat menyeberang. Kadang, warga harus cari teman agar merasa aman, berhenti di tengah jalan saat mendaki jembatan penyeberangan, dan menyelip di antara truk tronton.

 

Lokakarya Standardisasi Wayfinding Stasiun Integrasi Jabodetabek

ITDP Indonesia bersama Forum Diskusi Transportasi Jakarta (FDTJ) didukung UK PACT, menyelenggarakan “Lokakarya Standardisasi Wayfinding Stasiun Integrasi Jabodetabek.” Kegiatan ini bertujuan untuk mengakselerasi urgensi standarisasi wayfinding di stasiun integrasi multimoda Jabodetabek dan untuk meningkatkan kapasitas pemahaman standar desain, langkah perencanaan, pembagian peran, dan aspek inklusivitas kepada pemangku kepentingan terkait wayfinding di Jabodetabek. Lokakarya juga didukung oleh organisasi penyandang disabilitas seperti Gerakan Aksesibilitas Umum Nasional (GAUN), Persatuan Tunanetra Indonesia (PERTUNI), dan Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia (GERKATIN) yang berperan sebagai co-fasilitator dalam setiap sesi.

Pemutakhiran Pedoman Perencanaan Teknis Fasilitas Pejalan Kaki SE PUPR No.2 Tahun 2018

Setelah melalui serangkaian urun rembuk sejak tahun 2021 oleh gugus tugas yang terdiri dari ITDP Indonesia, Gerakan Aksesibilitas Umum Nasional (GAUN), UN Women, dan Kementerian PUPR dan diikuti dengan kegiatan Multi Stakeholders Dialogue yang dihadiri perwakilan dari 46 instansi dan organisasi kemasyarakatan dari 12 provinsi, Pedoman Teknis Fasilitas Pejalan Kaki versi terbaru resmi dirilis ke publik. Pedoman terbaru ini dirilis pada tanggal 17 Mei 2023 melalui 07/P/BM/2023 Pedoman Perencanaan Teknis Fasilitas Pejalan Kaki yang meliputi penambahan unsur inklusivitas yang sebelumnya tidak terdapat dalam pedoman versi sebelumnya.

Sustainable E-Mobility Event: Lessons Learned From Jakarta

Kedutaan Besar Inggris di Jakarta bekerja sama dengan ITDP Indonesia, melalui Program UK PACT (Partnering for Accelerated Climate Transitions) berupaya mempercepat inisiatif transportasi rendah karbon di Indonesia dengan berfokus pada elektrifikasi bus Transjakarta. Kemitraan ini secara resmi menyerahkan hasil studi kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Kementerian Perhubungan dalam sebuah acara seremonial “Sustainable E-Mobility Event: Lessons Learned from Jakarta” (24/05).

Festival Mini Solusi Polusi Udara di Kota

ITDP Indonesia bekerjasama dengan Katadata Green, PT. ITJ dan Taman Literasi Martha C. Tiahahu didukung oleh ClimateWorks Foundation (CWF) dan UK PACT menyelenggarakan “Festival Mini Solusi Polusi Udara di Kota.” Kegiatan ini berlangsung selama satu hari pada 15 Oktober 2023 dengan mengusung tema inisiatif-inisiatif manajemen pengendalian penggunaan kendaraan bermotor di kota yang meliputi; hunian layak tengah kota, reformasi parkir, jalan berbayar dan zona rendah emisi. Beragam booth menampilkan instalasi interaktif untuk publik mengenal dan memahami konsep manajemen pengendalian penggunaan kendaraan bermotor.

 

Catatan Teknis Keberlanjutan Jalur Sepeda Jakarta

ITDP Indonesia merilis “Catatan Teknis Keberlanjutan Jalur Sepeda Jakarta” untuk menanggapi isu pencabutan stick cone dengan diganti paku jalan (mata kucing) oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada 13 ruas jalur sepeda terproteksi. Dokumen ini mencakup hasil kajian dan evaluasi secara menerus terhadap jalur sepeda Jakarta mulai tahun 2019 hingga 2023 yang meliputi; perencanaan jalur sepeda berbasis partisipasi publik, rekomendasi desain jalur sepeda, survei pengguna jalur sepeda dan evaluasi desain jalur sepeda.

 

 

Implementasi Wayfinding Braille di 13 Halte Transjakarta

PERTUNI (Persatuan Tuna Netra Indonesia) merupakan salah satu mitra strategis ITDP Indonesia guna memastikan unsur inklusivitas dan aksesibilitas dalam ragam pilihan mobilitas perkotaan di Indonesia. Sepanjang tahun 2023, ITDP Indonesia mendampingi proses pengembangan prototype wayfinding inklusif Transjakarta bersama Pertuni. Fitur braille kini telah terpasang di 13 halte Transjakarta yang sering digunakan oleh penyandang disabilitas netra berdasarkan usulan Pertuni dan pemetaan lokasi layanan inklusi yang dilakukan ITDP Indonesia.

 

 

Diseminasi Hasil Studi Percepatan Mobilitas Perkotaan Ramah Lingkungan di Indonesia

Pada tahun 2022 hingga 2023, ITDP Indonesia melakukan studi untuk meningkatkan mobilitas perkotaan yang berkelanjutan di Indonesia, khususnya di Kota Medan dan Kota Semarang. Didukung oleh ClimateWorks Foundation, ITDP Indonesia menyerahkan dokumen-dokumen hasil studi tersebut kepada pemerintah daerah. Dokumen-dokumen tersebut antara lain Rekomendasi untuk Meningkatkan Aksesibilitas BRT di Kota Medan dan Pedoman Evaluasi Pilot Bus Listrik di Indonesia, yang diserahkan kepada Pemerintah Kota Medan. Dan dokumen-dokumen Peningkatan Konektivitas dan Aksesibilitas di Kawasan Kota Lama Semarang, Panduan Teknis Perencanaan Pengembangan Layanan Sepeda Sewa di Kota Semarang, dan Rekomendasi Rute Percontohan Bus Listrik untuk Trans Semarang diserahkan kepada Pemerintah Kota Semarang.

 

Subscribe

Sign up for updates on our projects, events and publications.

SIGN UP
Send this to a friend