May 29, 2024

Kunjungan CEO ITDP Heather Thompson ke Indonesia

CEO ITDP, Heather Thompson kembali ke Indonesia setelah kunjungannya yang terakhir sebelum pandemi COVID-19. Selama satu minggu, Heather mengunjungi dua kota di Indonesia; Jakarta dan Surabaya, bertemu dengan berbagai mitra dan pemangku kepentingan.

CEO ITDP, Heather Thompson ditemani oleh Gonggomtua Sitanggang, Direktur Asia Tenggara ITDP serta staff senior berkunjung ke Kedutaan Besar Inggris serta mengunjungi berbagai titik integrasi transportasi publik di Jakarta.

Di hari pertama, Heather ditemani oleh Gonggomtua Sitanggang, Direktur Asia Tenggara ITDP serta staff senior bertemu dengan Leah Rafferty, UK PACT Senior Delivery Lead (Transport for London) yang juga sedang berkunjung ke Jakarta serta Ianto Jones the Head of Low Carbon Energy and Infrastructure British Embassy Jakarta, Harriet Cooney, Deputy Head, Low Carbon Infrastructure, British Embassy Jakarta, Maria Renny Herdanti, Cities and Transport Lead British Embassy Jakarta dan Laili Muttamimah, UK PACT Programme Officer Low Carbon Energy and Infrastructure British Embassy Jakarta membahas kolaborasi yang telah dilakukan oleh ITDP dan British Embassy Jakarta melalui program UK PACT. Heather kemudian mengunjungi berbagai titik integrasi transportasi di Jakarta seperti Stasiun Cawang dan Stasiun Rasuna, yang menghubungkan LRT dan BRT (Transjakarta); Stasiun CSW, yang menghubungkan MRT dan BRT (Transjakarta), stasiun Bundaran HI serta area pedestrianisasi Terowongan Kendal.

CEO ITDP Heather Thompson bersama seluruh staff ITDP Indonesia.

Di hari kedua, ia menghabiskan waktu di kantor ITDP Indonesia untuk bertemu dengan para staff yang mempresentasikan upaya-upaya serta program yang sedang berjalan dalam mendukung transportasi berkelanjutan di Indonesia.

CEO ITDP Heather Thompson, Direktur Asia Tenggara ITDP Gonggomtua Sitanggang, dan Urban Planning and Inclusivity Manager Deliani Siregar mengunjungi Kantor Bappeda Kota Surabaya.

Pada hari ketiga dan keempat, Heather terbang ke Surabaya untuk bertemu dengan Kepala Bappeda Surabaya, Irvan Wahyudradjad beserta staf untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai kolaborasi dengan fokus pada perencanaan transportasi publik, LEZ, TDM, elektrifikasi, dan pengembangan kota yang terpadu. Heather juga sempat mengunjungi beberapa tempat di Surabaya seperti Kota Lama dan Jalan Tunjungan.

CEO ITDP Heather Thompson mengunjungi Fikri Assegaf, Advisory Board Member of ITDP Indonesia, dan PT Transportasi Jakarta (Transjakarta).

Satu hari sebelum gelaran “Sustainable E-Mobility Event: Upscaling Bus Electrification Nationwide”, Heather bertemu dengan Fikri Assegaf, Dewan Pembina ITDP Indonesia yang membahas mengenai kondisi terkini seputar krisis iklim dan kualitas udara dan dampaknya pada kota-kota di Indonesia serta potensi dan strategi dalam advokasi. Dilanjutkan dengan kunjungan ke PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) di mana dalam pertemuan tersebut, Heather bertemu dengan Daud Joseph, Direktur Operasional dan Keselamatan PT Transportasi Jakarta. Pertemuan membahas rekomendasi-rekomendasi dan asistensi ITDP terhadap Transjakarta.

CEO ITDP Heather Thompson memberikan kata sambutan di Sustainable E-Mobility Event 2024, yang dihadiri oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi.

Di hari keenam kunjungan, Heather membuka “Sustainable E-Mobility Event: Upscaling Bus Electrification Nationwide” yang juga turut dihadiri Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi. Dalam sambutannya, Heather menegaskan bahwa dengan elektrifikasi transportasi publik, ITDP berkomitmen untuk meningkatkan kualitas hidup lebih dari 27 juta penduduk di 11 kawasan metropolitan. “Studi kami berfokus pada peningkatan kualitas udara dan pengurangan polusi suara melalui elektrifikasi transportasi publik, yang akan secara signifikan meningkatkan kualitas hidup lebih dari 27 juta penduduk di 11 wilayah metropolitan, serta mendorong komunitas yang lebih sehat dan bersemangat,” jelasnya. Setelah acara, Heather dan Gonggomtua Sitanggang, Direktur Asia Tenggara ITDP melakukan wawancara eksklusif dengan empat media nasional. Heather memberikan gambaran umum mengenai ITDP sebagai organisasi nonprofit global, sementara Gonggom memberikan penjelasan terperinci mengenai studi “Studi Peta Jalan dan Program Insentif Nasional untuk Elektrifikasi Transportasi Publik Perkotaan Berbasis Jalan” yang baru saja dirilis. Heather juga membahas pendekatan internasional untuk mengatasi krisis iklim di sektor transportasi, dengan mengambil studi kasus dari negara-negara lain dalam meningkatkan kualitas udara dan mengurangi kemacetan di kota.

CEO ITDP Heather Thompson bertemu dengan beberapa pemangku kepentingan.

Esok harinya, Heather bertemu dengan Asisten Perekonomian dan Keuangan Pemerintah Provinsi Jakarta, Sri Haryati dan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo beserta jajaran Biro Perekonomian dan Keuangan dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Pertemuan ini membahas mengenai saran-saran tindakan apa yang harus ditindaklanjuti oleh Jakarta, apa saja tantangan yang dihadapi, dan perspektif mengenai kebijakan dan status baru Jakarta. Hari terakhir kunjungan Heather ditutup dengan wawancara eksklusif dengan The Jakarta Post, yang menitikberatkan pada upaya-upaya apa yang harus dilakukan oleh kota untuk membuat warganya lebih nyaman dan aman bermobilitas di kota.

Subscribe

Sign up for updates on our projects, events and publications.

SIGN UP

Deprecated: Creation of dynamic property OMAPI_Elementor_Widget::$base is deprecated in /sites/itdp-indonesia.org/files/wp-content/plugins/optinmonster/OMAPI/Elementor/Widget.php on line 41
Send this to a friend