Peran transportasi bersih dan berkelanjutan menjadi sangat penting untuk mengatasi masalah ini. Selain peningkatan layanan transportasi publik serta infrastruktur berjalan kaki dan bersepeda, transisi ke kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) perlu untuk mulai diterapkan. ITDP Indonesia bermitra dengan United Nations Environment Programme (UNEP), menyusun studi mengenai potensi mobilitas listrik perkotaan di Indonesia untuk mendorong…
Topic: Gender
Materi ini merupakan bahan paparan Deliani Poetriayu Siregar, Urban and Inclusive Planning Manager ITDP Indonesia sebagai narasumber dalam diskusi antar lembaga dan instansi bertema “Membangun Transportasi Publik yang Aman dan Bebas dari Kekerasan Seksual” (12/06) yang diselenggarakan oleh Deputi Bidang Perlindungan Hak Perempuan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) dengan Yayasan Kalyanamitra.
Sejak tahun 2020 dengan adanya peningkatan jumlah pesepeda pada PSBB, terutama di kawasan Dukuh Atas, Pemerintah DKI Jakarta berkolaborasi dengan berbagai komunitas dan para ahli dengan meningkatkan infrastruktur sepeda untuk mendukung sepeda sebagai moda transportasi tanpa emisi. Namun, implementasi jalur sepeda belum sesuai dengan kebutuhan kelompok rentan, terutama perempuan dan anak-anak yang masih memiliki hambatan…
Akhir tahun 2020, ITDP Indonesia berkolaborasi dengan GAUN, menyelenggarakan FGD: Menuju Transportasi Ramah Disabilitas serta kegiatan Pameran “Jejak Mobilitas Disabilitas di Kota” sekaligus pencanangan “Monumen Konsensus Menuju Transportasi Jakarta Ramah Disabilitas”. Konsensus ini kembali dievaluasi pada tahun 2021 melalui rangkaian kegiatan “Inclusive Walking Tour” yang menghasilkan dokumen rekomendasi “Evaluasi Satu Tahun Konsensus Menuju Transportasi Jakarta…
Dokumen ini berisi rekomendasi yang sudah disusun dengan memperhatikan kebutuhan khusus ragam kelompok rentan dalam bermobilitas di perkotaan. Melalui poin-poin yang disampaikan di buku ini, harapannya perkembangan transportasi di Kota Semarang ke depannya dapat menjamin kenyamanan, keamanan, dan keselamatan seluruh warga Kota Semarang, terutama warga yang paling rentan. Untuk mengkonfirmasi analisis dalam temuan ini, diselenggarakan…
Dalam kegiatan yang bertema “Mobilitas Inklusif Kota Semarang”, ITDP Indonesia menghasilkan 2 (dua) laporan yang akan disampaikan kepada Pemerintah Kota Semarang dan masyarakat Kota Semarang secara umum. Kedua dokumen yang dimaksud adalah Laporan Proses Perencanaan Inklusif Kota Semarang dan Rekomendasi Mobilitas Inklusif Kota Semarang. Kedua laporan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi dan langkah awal sinergi…
More than a billion children live in cities – and yet most of these cities have not been designed to meet the needs of babies, toddlers, and their caregivers, and mobility systems have not been planned with their travel characteristics in mind. This negatively affects the children’s physical, mental, and cognitive development, as well as…
Di Jakarta, di mana fasilitas transportasi umum terbilang lengkap ketimbang kota-kota lain di Indonesia, dan menjadi salah satu moda utama warga daerah penyangga, sangat krusial untuk terus memutakhirkan mitigasi kebijakan mobilitas tanpa menurunkan atau bahkan melenyapkan fungsi dari transportasi umum itu sendiri; moda inklusif, ramah lingkungan dan berkelanjutan. Pada awal pandemi, ITDP Indonesia merilis “Rekomendasi…
Masih sulit bagi perempuan warga kota untuk merasa aman dan nyaman ketika mengakses kota. Desain kota yang tidak mendukung mobilitas perempuan hingga pelbagai ancaman akan berbagai bentuk kekerasan membuat perempuan warga kota enggan untuk menggunakan fasilitas publik, dan membuat perempuan menjadi bagian dari kelompok rentan dalam pembangunan perkotaan. “Women & the City” merupakan kegiatan yang…