Di tengah langka dan tingginya harga lahan di Jakarta yang dapat difungsikan untuk aktivitas manusia, seperti hunian dan kegiatan usaha, fasilitas parkir dalam jumlah yang banyak masih mudah ditemukan. Sebagai contoh, area Dukuh Atas yang telah ditetapkan sebagai Kawasan Berorientasi Transportasi Publik (Transit Oriented Development/TOD) dan dilayani empat layanan transportasi publik berkualitas tinggi, masih memiliki…
Topic: Traffic Reduction
LEZ (low emission zone) merupakan salah satu bentuk intervensi yang umum diterapkan di kota-kota di negara lain seperti London, Berlin, Milan, Seoul untuk mengurangi emisi udara akibat sektor transportasi dengan mendorong penggunaan kendaraan yang lebih rendah hingga tanpa emisi. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai menerapkan LEZ pada skala kawasan di Kawasan Kota Tua, sebagai bagian…
Dokumen ini merangkum kolaborasi ITDP Indonesia dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta periode 2017 hingga 2022. Dokumen ini berisi proses, data, intisari dari peningkatan infrastruktur pejalan kaki dan pesepeda serta layanan transportasi publik selama 5 tahun.
Menanggapi Kenaikan Harga BBM dan Dampaknya Pada Kebijakan Transportasi Publik serta Energi Terbarukan, Institute for Transportation and Development Policy (ITDP), Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Komite Penghapusan Bensin Bertimbel (KPBB) dan Institute for Essential Services Reform (IESR) bersinergi merilis poin-poin tanggapan serta rekomendasi kepada pemerintah pusat maupun pemerintah kota untuk merefleksikan kenaikan harga BBM ini sebagai…
Rapid motorization has been a global trend in recent decades and has presented troubling consequences, such as air and noise pollution, traffic related injuries and deaths, and inequity. As vehicle use increases, so does demand for storing vehicles, both for short-term stays on the street near drivers’ destinations and longer-term stays in off-street lots and…
Di Jakarta, di mana fasilitas transportasi umum terbilang lengkap ketimbang kota-kota lain di Indonesia, dan menjadi salah satu moda utama warga daerah penyangga, sangat krusial untuk terus memutakhirkan mitigasi kebijakan mobilitas tanpa menurunkan atau bahkan melenyapkan fungsi dari transportasi umum itu sendiri; moda inklusif, ramah lingkungan dan berkelanjutan. ITDP Indonesia merilis “Rekomendasi Rencana Aksi Mobilitas…
Unravelling Online Ojek’s User Profile in Jabodetabek A multi-level identification method The DKI Jakarta Provincial Government needs to ensure that online transportation services do not compete with public transportation and online transportation in the integration of modes in Jakarta, functioning as feeder transportation for mass transportation services provided. Disclosure of travel data from online transportation…
ITDP mengusulkan adanya pergantian teknologi yang digunakan dalam parkir on-street data perparkiran menyusul tidak efektifnya penggunaan terminal parkir elektronik (TPE) yang digunakan sekarang dalam pengelolaan manajemen parkir dan lalu lintas. Sistem TPE yang diusulkan harus dapat menunjang transparansi, pencatatan transaksi parkir secara elektronik dan pemantauan kinerja …
Kemacetan kendaraan sesungguhnya lebih erat hubungannya dengan perparkiran, dibandingkan dengan jumlah kendaraan melalui pembatasan parkir untuk bangunan di kawasan TOD kapasitas ruas jalan. Pemberlakuan jumlah parkir maksimum (bukan minimum seperti yang ada di peraturan saat ini) perlu dilakukan untuk bangunan baru di sepanjang ruas Sudirman…